Politik

Sang Made Mahendra Jaya Dilantik Sebagai Penjabat Gubernur Bali

 Selasa, 05 September 2023 | Dibaca: 306 Pengunjung

Mendagri Tito Karnavian resmi melantik Penjabat Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, yang digelar di Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jakarta Pusat, Selasa (5/9/2023).

www.mediabali.id, Nasional. 

Segera setelah Gubernur Bali Dr. Ir. Wayan Koster, MM., dan Wakil Gubernur Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengakhiri masa jabatannya, Selasa (5/9/2023). Kali ini dilanjutkan Penjabat Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya, yang resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Proses pelantikan digelar di Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jakarta Pusat, dengan mengacu pada Keputusan Presiden No.74/P/2023 tentang Pengangkatan Penjabat Gubernur.

Diketahui apabila Staf Khusus Mendagri Bidang Keamanan dan Hukum Sang Made Mahendra Jaya, mengisi kekosongan jabatan Gubernur Bali dengan berakhirnya masa jabatan Gubernur Bali dan Wakil Gubernur Bali periode 2018 - 2023 Wayan Koster dan Cok Ace Sukawati pada tanggal 5 September 2023.

Dikatakan Mendagri Tito Karnavian, ia memandu langsung terhadap sembilan penjabat gubernur membacakan sumpah jabatan.

"Saya bersumpah, saya berjanji akan memenuhi kewajiban saya sebagai Pj. Gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh UUD 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat nusa dan bangsa," kata Tito yang diulangi sembilan Pj. Gubernur.

Selanjutnya, terhadap sebanyak sembilan Penjabat Gubernur menjalani prosesi pelantikan. Selain Bali, penjabat Gubernur yang juga dilantik, yakni Penjabat Gubernur Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera Utara, Papua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Selatan.

"Pelantikan Pj Gubernur dilakukan pemasangan tanda pangkat, penyematan tanda jabatan, dan penyerahan keputusan Presiden RI oleh Mendagri kepada masing-masing Penjabat Gubernur yang dilantik," imbuh Mendagri Tito Karnavian.

Diketahui pula, tidak saja pelantikan Pj. Gubernur Bali, juga dilakukan pelantikan Ny. Ida Setiawati sebagai Penjabat Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) menggantikan Ny. Putri Koster.

Ny. Ida Setiawati turut dilantik sebagai TP-PKK Provinsi Bali oleh Ketua Umum TP-PKK Ny. Tri Tito Karnavian. Dari itu pula, Ny. Tri Tito Karnavian juga memberikan piagam penghargaan kepada Ketua TP PKK Provinsi Bali periode 2018-2023 Ny. Putri Suastini Koster.

Untuk diketahui, pelantikan dihadiri oleh Gubernur Bali dan Wakil Gubernur Bali periode 2018-2023, Jajaran Forkopimda Provinsi Bali, Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra, MenkumHAM Yasonna Laoly, Menpan-RB Abdullah Azwar Anas, Wakil KSAD Letjen TNI Agus Subiyanto, para perwakilan lembaga negara dan tokoh nasional serta tamu undangan lainnya. 012


TAGS :