Peristiwa

Terseret Arus di Tukad Aya Jembrana, Bocah Yusuf Tewas Tenggelam

 Minggu, 28 April 2024 | Dibaca: 189 Pengunjung

Akibat hendak memancing, korban Yusuf Maulana (13) mengalami musibah terseret arus dan tewas tenggelam di Tukad Aya, Kec. Melaya, Kab. Jembrana, Sabtu (27/4/2024).

www.mediabali.id, Jembrana. 

Bocah bernama Yusuf Maulana (13) mengalami musibah tewas tenggelam di perairan Tukad Aya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, Sabtu (27/4/2024) lalu.

Yusuf diketahui bertempat tinggal di wilayah Candikusuma, Jembrana. Yusuf diawal diketahui hendak pergi memancing di sekitar Tukad Aya.

Kejadian yang dialami Yusuf langsung ditanggapi cepat Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali), pada Pukul 17.15 Wita dari Bhabinkamtibmas Desa Banyubiru.

Jarak tempuh dari Pos SAR Jembrana hingga ke lokasi tidak terlalu jauh. Kemudian berselang 10 menit lamanya, 6 personel Pos SAR Jembrana tiba di lokasi kejadian dan bergegas mengambil tindakan.

Tim SAR mempersiapkan peralatan selam, Aqua Eye (alat deteksi bawah permukaan air) dan drone thermal, sementara salah seorang lainnya berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menggali informasi.

"Jadi memang ada saksi mata di sana, di mana sempat menceritakan kronologis yang dialami kerabatnya," ujar Dewa Hendri selaku Koordinator Pos SAR Jembrana. 

Lebih lanjut, korban Yusuf semula dengan teman-temannya akan memancing. Ketika menyebrangi sungai dari Barat ke arah Timur, dia justru terseret arus dan tenggelam.

"Korban sempat berusaha berenang akan tetapi karena kelelahan, dia tak dapat diselamatkan. Oleh kerabatnya kejadian tersebut dilaporkan kepada pihak terkait," imbuhnya.

Diturunkan 2 orang personel melakukan penyelaman pada titik yang dicurigai korban berada. Setelah sekitar 45 menit melakukan pencarian, akhirnya korban Yusuf Maulana ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.  

Jenazahnya ditemukan kurang lebih 2 meter arah Timur dari titik lokasi kejadian dan pada kedalaman 9 meter di dasar sungai yang hanya terdapat pasir serta bebatuan. 

"Lalu dibawa ke Rumah Sakit Umum Negara menggunakan ambulan dari PMI," ungkapnya.

Selama berlangsungnya operasi SAR turut melibatkan unsur SAR dari Pos SAR Jembrana (Basarnas Bali), Polair Polres Jembrana, Bhabinkamtibmas, PMI Kabupaten Jembrana, BPBD Kabupaten Jembrana, Potensi SAR 115, perangkat Desa Banyubiru serta masyarakat setempat. 012

 


TAGS :