Hiburan

Jadi Even Terbaik Se-Nusantara, Sandiaga Uno Buka Festival Semarapura ke-6

 Minggu, 28 April 2024 | Dibaca: 1364 Pengunjung

www.mediabali.id, Klungkung. 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno membuka Festival Semarapura Ke-6 Tahun 2024 didampingi PJ Gubernur Bali Irjen (Purn) Sang Made Mahendra Jaya, PJ Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika dan Penglingsir Puri Agung Klungkung, Ida Dalem Semaraputra di depan Monumen Ida Dewa Agung Jambe, Minggu (28/4/2024).

Pembukaan dilakukan dengan pemukulan tambur setelah Sandiaga Uno memberikan sambutan dalam acara tersebut. Dalam sambutannya, Sandiaga Uno mengungkapkan kebanggaannya dengan Kabupaten Klungkung yang berhasil mencatatkan Festival Semarapura ke-6 menjadi even terbaik se-Nusantara. "Festival Semarapura ke-6 menjadi even terbaik se-Nusantara yang masuk ke dalam Karisma Even Nusantara (KEN) 2024 untuk pertama kalinya," jelas Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno mengakui Kabupaten Klungkung sudah berprestasi dari jamannya Mantan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dengan adanya Festival Nusa Penida yang masuk ke dalam KEN. "Kali ini tidak cukup satu, ditambah satu lagi menjadi Festival Semarapura jadi ada dua festival di Klungkung ini yang menjadi daya tarik even wisata budaya. Yang memberikan pengalaman unik bagi wisatawan," ungkapnya.

Sebagai pusat kerajaan di Bali, Klungkung jadi pusat tumbuhnya kebudayaan di Bali. Sehingga pada Festival Semarapura ini hadir dalam acara pembukaan yakni para raja, sultan dan perwakilan keraton se-Nusantara untuk memberikan apresiasi. Pada kesempatan tersebut Sandiaga Uno juga menyempatkan diri untuk melihat langsung dan membeli sejumlah kerajinan yang ada dalam pemaran UMKM.

Sementara itu PJ Bupati Jendrika dalam sambutannya mengungkapkan tujuan dari terlaksananya Semarapura Festival ini untuk meningkatkan perkembangan pariwisata di Klungkung. Pihaknya ingin dengan festival ini dapat memperkenalkan kerajinan sekaligus budaya Klungkung sehingga dapat meningkatkan lama tinggal wisatawan di Klungkung. 

Klungkung sendiri memiliki pulau Nusa Penida yang menjadi tempat wisata favorit di dunia. Dengan memperkenalkan potensi budaya yang dimiliki Klungkung PJ Jendrika berharap kunjungan wisatawan ke Klungkung akan semakin meningkatkan sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli daerah(PAD) penyerapan tenaga kerja dan peningkatan perekonomian masyarakat.

"Harapannya setiap tahun kunjungan wisatawan semakin tinggi,  meningkatkan  PAD dan perekonomian masyarakat," tuturnya.

Festival Semarapura ini akan diselenggarakan mulai 28 April 2024 hingga 1 Mei 2024. Acara tersebut akan dipusatkan di sekitar jalan yang ada di Catus Pata Klungkung, Monumen Ida Dewa Agung Jambe, Kertagosa dan Puri Agung Klungkung. Selain pameran kerajinan Klungkung juga ada stan yang menyajikan kuliner asli Klungkung yang patut dicoba pengunjung dan masyarakat sekitar. 007
 


TAGS :