Ajeg Bali

Purnama Kelima Puncak Karya di Pura Kentel Gumi, Nyejer Hingga 19 November

 Selasa, 08 November 2022 | Dibaca: 567 Pengunjung

www.mediabali.id, Klungkung. 

Puncak Karya Ngusaba Jagat di Pura Agung Kentel Gumi, Kecamatan Banjarangkan bertepatan dengan rahina Purnama Kelima, Selasa (8/11). Upacara Pengusabhan Jagat di Utama Mandala Pura Agung Kentel Gumi dipuput Ida Pedanda Gede Putra Tembau dari Geriya Gede Aan dan Ida Pedanda Gede Putra Manuaba dari Geriya Gede Tusan. 

Sedangkan di Peselang Pura Agung Kentel Gumi dipuput Ida Pedanda Gede Sikara dari Geriya Gede Saraswati Budha Tusan. Setelah melaksanakan puncak karya, selanjutnya Ida Bhatara Nyejer dan Nyineb pada Saniscara Wage Kulantir, Sabtu (19/11) mendatang.

Pada puncak karya ini Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta hadir bersama istri Ny. Ayu Suwirta untuk melaksanakan sembah bakti. Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Klungkung Tjokorda Gde Agung, Sekda Klungkung I Gede Putu Winastra serta OPD terkait lainnya.

Masih di hari yang sama, Bupati Suwirta juga muspayang sembah bakti serangkaian Karya Pengusabhan di Pura Watu Klotok, Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih, Pedudusan Alit, Caru Balik Sumpah, Nubung Pedagingan di Pura Dadia Pasek Gelgel Desa Tegak Kecamatan Klungkung, Karya Ngusaba Desa, Ngusaba Nini, Penyegjeg Jagat, Mepedudusan Alit, Pura Puseh Bale Agung Desa Adat Nyanglan, Kecamatan Banjarangkan, Upacara Ngusaba Desa Adat Pancingan, di Balai Banjar Pancingan Desa Kusamba, Kecamatan Dawan.

Diakhir setelah melaksanakan persembahyangan Bupati Suwirta juga menghaturkan punia sebagai wujud sradha bakti kehadapan Ida Bhatara Sesuhunan yang berstana di masing-masing pura tersebut. Bupati Suwirta juga berharap niat tulus ikhlas dan kerukunan pasemetonan masyarakat untuk ngayah agar terus diperkuat. "Semoga upacara berjalan lancar dan semua pemedek yang tangkil diberikan kesehatan dan keselamatan," ujar Bupati Suwirta.007


 


TAGS :