Lingkungan

Jegeg Bagus Gianyar Bersama Anggota DPR RI Nyoman Parta Bersih-bersih Sampah Plastik di Pantai Saba-Pering

 Minggu, 02 Juli 2023 | Dibaca: 222 Pengunjung

Aksi nyata bersih-bersih sampah plastik di areal Pantai Saba dan Pantai Pering Gianyar, dilakukan Jegeg Bagus Gianyar, para tokoh adat, komunitas pecinta lingkungan dan stakeholder lainnya.

www.mediabali.id, Gianyar. 

Upaya nyata dalam bersih-bersih pantai dilakukan Jegeg Bagus Gianyar (JBG) bersama Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Nyoman Parta, menyasar areal Pantai Saba dan Pantai Pering Gianyar. Bersih-bersih pantai sekaligus memperingati Hari Kelautan Nasional Tahun 2023.

Diungkapkan Ketua Umum Semeton Jegeg Bagus Gianyar I Wayan Gde Mudita Pradhana bahwa kegiatan bersih-bersih pantai merupakan aksi nyata JBG hadir untuk pelestarian lingkungan.

"Kami melaksanakan kegiatan ini sebagai bentuk aksi nyata bahwa JBG ada di antara masyarakat dalam pelestarian lingkungan yang ada di Kabupaten Gianyar tercinta," ungkapnya, Minggu (2/7/2023).

Hal ini pula sebagai implementasi dari Tri Hita Karana (Palemahan), Sad Kerthi (Segara Kerthi), di mana turut membantu pelestarian lingkungan, objek wisata, khususnya kawasan pesisir yang membutuhkan kerja sama berbagai komponen masyarakat.

JBG mengawali kegiatan dengan bersih-bersih di sepanjang Pantai Saba - Pantai Pering, lalu dilanjutkan sharing session tentang pentingnya menjaga laut dan bahayanya sampah plastik bagi ekosistem laut. 

Selanjutnya, acara pemberian paket sembako kepada masyarakat sekitar pantai, di mana paket sembako ini dibantu oleh Maharani Kemala Foundation. 

"Maka harapan dengan diadakannya kegiatan ini supaya masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan dan bahaya sampah plastik di laut, khususnya di Pantai Saba dan Pantai Pering yang juga merupakan tempat melaksanakan upacara adat dan tempat bertelurnya penyu," imbuh Mudita Pradhana.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan I Nyoman Parta turut hadir mengedukasi sekaligus mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama menjaga ekosistem dan kebersihan di pantai. 

“Mari kita jaga bersama pantai kita, alam kita, karena ini adalah milik kita bersama, dan suatu berkah bagi kita memiliki pantai ini," ucapnya.

Sementara itu, Jegeg Bagus Gianyar 2023, Pande Komang Indah Trirosanthi mengatakan melalui aksi bersih-bersih pantai ini, tentu diharapkan setiap pihak mempunyai suatu kesadaran yang sama dalam menjaga kebersihan dan melestarikan areal pantai.

“Semoga semakin banyak yang sadar dan tergerak dalam menjaga alam, khususnya pesisir laut kita. Hal ini karena laut adalah sumber alam tempat 'peleburan', yang harus kita lestarikan agar tetap suci dan asri, sejak kini, hingga nanti," kata Pande Komang Indah, diiyakan Putu Owen Purusa Arta.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti stakeholder, di antaranya Anggota DPR RI Nyoman Parta, Dinas Pariwisata Kab. Gianyar yang diwakili oleh Kabid Sumber Daya Pariwisata, Perbekel Desa Saba, Perbekel Desa Pering, Forum Penggiat Lingkungan Bali, Bersih-bersih Bali, Trash Warrior, PPITO, TOL TOL, Malu Dong dan Konservasi Saba Asri (Penangkaran Penyu). 012​​​​​


TAGS :