Peristiwa

Hari Bhayangkara ke-77, Wujudkan Sinergitas TNI-Polri, Pemerintah dan Masyarakat Bali

 Sabtu, 01 Juli 2023 | Dibaca: 303 Pengunjung

Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, SH., M.Si., memberi sambutan dalam momentum puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-77, Sabtu (1/7/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Hujan deras di sepanjang lapangan Niti Mandala Renon Denpasar, tidak menyurutkan semangat anggota Polri dalam memperingati puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-77, Sabtu (1/7/2023).

Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu Putra, SH., M.Si., tampak sebelum apel dimulai turun mengecek seluruh kesiapan panitia di lapangan. Meski di bawah guyuran gerimis hujan, Kapolda Putu Jayan tampak serius memperhatikan persiapan dan berharap seluruh agenda berjalan dengan baik dan lancar. 

Di dalam kesempatan puncak peringatan Hari Bhayangkara ke-77, turut pula dihadiri Gubernur Bali Wayan Koster dan jajaran undangan lainnya yang mendukung tema 'Polri Presisi Untuk Negeri - Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju'.

"Pada kegiatan syukuran Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023, di dalam suasana dengan penuh kebahagiaan dan kekeluargaan. Maka mengawali sambutan ini saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh unsur Forkopimda Provinsi Bali dan seluruh undangan yang berkenan hadir pada upacara Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023, semoga melalui kegiatan ini kita dapat meningkatkan tali silahturahmi dan kerja sama dalam menjaga keamanan, serta ketertiban di Pulau Bali yang kita cintai ini," ujar Kapolda Putu Jayan atas panggung utama HUT Bhayangkara ke-77, sekaligus pula disaksikan Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Ketut Suardana, M.Si., Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, SE., MM., beserta undangan Forkopimda lainnya.

Pihaknya menekankan apabila melalui tema 'Polri Presisi Untuk Negeri - Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju', turut pula merefleksikan kesiapan Polri di dalam mengawal dan mewujudkan Pemilu yang damai. Selain itu, demi mencapai ketahanan nasional dan pertumbuhan ekonomi yang semakin positif menuju Indonesia maju.

"Peringatan Hari Bhayangkara ke-77 bertema Polri Presisi Untuk Negeri - Pemilu Damai Menuju Indonesia Maju. Hal ini sesuai komitmen Polri dalam berperan aktif, terutama keamanan, ketertiban, memberikan pelayanan yang preemtif, responsibilitas, serta transparasi berkeadilan kepada masyarakat bangsa dan negara," imbuhnya.

Dipaparkannya, berbagai kegiatan digelar dan mendapat dukungan antusias masyarakat, seperti anjangsana, bakti sosial dan penyerahan bantuan ke masyarakat yang membutuhkan, bakti kesehatan, bedah rumah, bantuan penyediaan air bersih, olahraga bersama dan lain-lainnya.

Kegiatan lainnya, berupa lomba menembak, lomba bela diri, fun run, bola voly, konten kreatif, jurnalistik, hingga Pasar Rakyat dan UMKM.

"Di dalam mengisi Hari Bhayangkara ke-77 Tahun 2023, Polda Bali dan jajaran telah melaksanakan serangkaian kegiatan bulan bakti Polri Presisi, selama satu bulan dari awal Juni hingga awal Juli 2023. Tidak saja melibatkan internal kepolisian, TNI, stakeholder terkait, dan seluruh elemen masyarakat. Hal ini untuk meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat terhadap Polri, dengan cara mendekatkan diri kepada masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat kepada orang yang membutuhkan," tegasnya.

Tidak dipungkiri dalam berbagai tantangan tugas yang dinamis, di mana melahirkan permasalahan sosial, tindakan kejahatan beragam dimensi yang semakin luas. Hal tersebut merupakan keniscayaan yang harus dihadapi sebagai dampak era globalisasi dan perkembangan ekonomi digital. Melalui 10 kebijakan komando Polda Bali, dalam perhatian dan meningkatkan keamanan di Bali. Selain itu, meningkatkan kehadiran aparat kepolisian di tengah-tengah masyarakat.

"Peringatan Bhayangkara ke-77 Tahun 2023, dimaknai sebagai wujud terima kasih Polri atas segala hal yang dicapai selama ini, wujud rasa syukur atas kelancaran tugas, termasuk tali silahturahmi mempererat Polri dengan segenap instansi lembaga pemerintah dan seluruh elemen masyarakat," bebernya.

Untuk diketahui, situasi Kamtibmas di wilayah Bali kini tetap terjaga dan kondusif. Hal tersebut berkat kerja sama berbagai pihak, Polda Bali dalam melaksanakan keamanan baik berskala nasional dan internasional.

"Kesuksesan ini tidak mungkin dapat kita raih tanpa dukungan dan kerja sama antara TNI-Polri, Pemerintah Daerah, dan segenap komponen masyarakat lainnya. Sehingga, setiap kegiatan keamanan dapat berjalan tertib dan  lancar, termasuk meningkatkan citra Bali sebagai destinasi pariwisata dunia yang aman serta nyaman," pungkasnya. 012

 


TAGS :