Politik

Prabowo Paling Disukai Generasi Muda, Widiana: GenZ dan Milenial Menguasai 60% Pemilih

 Jumat, 26 Mei 2023 | Dibaca: 730 Pengunjung

www.mediabali.id, Klungkung. 

Elektabilitas Prabowo Subianto unggul dari Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan di survei calon presiden (capres) versi Litbang Kompas. Berdasarkan generasi usia, Prabowo paling banyak dipilih Gen Z, sedangkan Ganjar unggul di pemilih baby boomers. Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka pada 29 April hingga 10 Mei 2023. Sebanyak 1.200 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia..

Tingginya elektabilitas Ketum Gerindra tersebut disambut baik Bendahara DPC Gerindra Klungkung I Wayan Widiana. Menurutnya, ketertarikan anak muda dalam memilih calon presiden sangat penting untuk Pemilu 2024. Pasalnya hampir 60 persen pemilih pada Pemilu 2024 berasal dari generasi Z dan milenial. "GenZ dan milenial yaitu generasi muda menjadi penentu siapa pemimpin Indonesia ke depan," jelas politikus asal Kecamatan Banjarangkan, Jumat (26/5/2023).

Dengan tingkat kepercayaan survei 95 persen dengan margin of error penelitian +-2,83 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana itu, adapun hasil elektabilitas capres itu, Prabowo berada di angka 24,5%, Ganjar mendapat suara 22,8%, sedangkan Anies berada di angka 13,6%.

Tidak hanya di pusat, sebenarnya keberpihakan generasi muda ke Partai Gerindra memang cukup tinggi. Dengan adanya berbagai even yang melibatkan langsung anak muda, Gerindra Klungkung mampu menggaet simpatisan muda. Begitu juga keterlibatan kader Gerindra di setiap kegiatan anak muda seperti olahraga dan HUT STT menjadikan politikus Gerindra semakin dekat dengan anak muda.

"Kita sebisa mungkin untuk bisa berkontribusi di masyarakat. Dengan melaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat secara langsung atau pun mensupport langsung kegiatan yang dilaksanakan masyarakat," pungkasnya. (*)


TAGS :