Politik

KPU Bali Prediksi Lampaui Target Pemilih 83,34%, Tinggi Kemauan Masyarakat Datang ke TPS

 Rabu, 06 Maret 2024 | Dibaca: 213 Pengunjung

Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, S.TP., MP.

www.mediabali.id, Denpasar. 

Ketua KPU Provinsi Bali I Dewa Agung Gede Lidartawan, S.TP., MP., menanggapi persiapan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 di tingkat Provinsi Bali, di mana seluruh KPU Kabupaten/Kota telah mengumpulkan hasil dan kotak suara.

"Ya kemarin (Selasa) sudah dikumpulkan, Pukul 24.00 Wita, seluruh kotak suaranya (hasil tersegel-red) sudah ada di KPU. Sementara itu, besok (Kamis) kita melakukan persiapan pra pleno untuk mengecek hasil mereka, sehingga nanti pada, Jumat (8/3) kita sudah tahu potensi, seperti kurang sinkron datanya," ujar Lidartawan, Rabu (6/3/2024).

Rencananya puncak rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2024 di tingkat Provinsi Bali akan digelar di Hotel Prime Plaza Hotel Sanur, Denpasar Selatan.

"Harapannya, nanti pada, Jumat (8/3) dapat dilakukan selama satu hari. Sebab, pada Sabtu (9/3) nanti banyak masyarakat Bali melakukan Hari Raya Kuningan," imbuhnya.

Lebih lanjut, mengenai hasilnya akan diketahui saat KPU Kabupaten/Kota telah mengumpulkan hasil rekapitulasi yang sudah selesai ke KPU Provinsi.

"Misalnya nanti kalau ada kesalahan input, tentu saja kita lihat lagi, kita sudah berikan kesempatan lagi di tingkat KPU Provinsi. Jadi, itulah fungsinya berjenjang. Kalau di tingkat Kabupaten ada kesalahan atau apa, ya kita bisa perbaiki, tapi itu tentunya diikuti dengan bukti-bukti, tidak saja ngomong-ngomong saja. Sebab, perbaikan mulai tingkat Kecamatan, Kabupaten, hingga Provinsi," tegasnya.

Lidartawan menegaskan soal angka partisipasi dari jumlah anggota Daftar Pemilih Tetap (DPT) 3.269.516, diperkirakan pemilih yang datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sekitar 2.740.693 DPT. Di mana dari DPT ditambah dengan Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang tertulis atau tercatat di SK sekitar 3.288.263.

"Kami bagi pemilih yang hadir dan pemilih yang tercatat, itu kita sudah melampaui target kita sekitar 83,34%. Artinya, apa yang kita buat sudah menjadi kenyataan, ternyata masyarakat Bali tinggi kemauannya untuk datang ke TPS," pungkasnya. 012

 


TAGS :