Pendidikan

Komjen Pol. Prof. Dr. Petrus R. Golose Segera Terima Gelar Guru Besar Tetap STIK

 Kamis, 20 Juli 2023 | Dibaca: 274 Pengunjung

Sosok Komjen Pol. Prof. Dr. Petrus R. Golose segera akan dikukuhkan sebagai guru besar tetap bidang Ilmu Kepolisian pada Senin, 24 Juli 2023 mendatang di STIK, Rabu (19/7/2023).

www.mediabali.id, Nasional. 

Komjen Pol. Prof. Dr. Petrus R. Golose menjabat sebagai Kepala BNN RI sejak Tahun 2020, di mana sosok humanis ini sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Bali selama kurun empat tahun, periode 2016 hingga 2020.

Profil Komjen Pol. Prof. Dr. Petrus R. Golose, banyak dikenal masyarakat dengan disapa Petrus Golose. Dirinya ramai diperbincangkan di media massa dan khalayak, semenjak berhasil melumpuhkan gembong teroris Dokter Azhari pada Tahun 2005 silam.

Prof. Petrus Golose dengan kelahiran 27 November 1965 ini bukan saja bergerak di bidang keamanan. Ia turut mengabdikan diri di dunia pendidikan dan akan segera dikukuhkan sebagai guru besar tetap bidang Ilmu Kepolisian pada Senin, 24 Juli 2023 mendatang di Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK).

Prof. Petrus Golose, mengawali karirnya di kepolisian melalui menjabat sebagai Kapolsek Lodoyo, Polres Blitar Jawa Timur usai lulus dari AKABRI tahun 1988. Dia juga sempat ditempatkan menjadi Komandan Pleton Taruna Akademi Kepolisian, sebelum akhirnya pada Tahun 1993 mulai bertugas di Polda Metro Jaya.

Sekira Tahun 1998 Prof. Petrus Golose lalu ditugaskan sebagai Kepala Unit Reserse Mobil di Korps Reserse Polri.

Maka di tahun yang sama itu pula, suami dari Barbara Mathilda Van Der Linden tersebut juga berhasil menyelesaikan studinya di perguruan tinggi ilmu kepolisian (PTIK) yang saat ini berganti nama menjadi STIK.

Sebagai cendekiawan, Prof. Petrus Golose, telah menerbitan empat buah buku yang hingga kini banyak dijadikan rujukan dalam berbagai penelitian. Buku-buku tersebut, yaitu berjudul: Seputar Kejahatan Hacking; Deradikalisasi Terorisme; Invasi Terorisme; serta Inovasi dan Aktualisasi dari Bali Gebrakan Dr. Petrus Reinhard Golose (Kapolda Bali).

Di dalam sektor pendidikan, perwira polisi asal Manado tersebut tidak saja mengikuti Sespim dalam pengembangan karir di kepolisian, tetapi menyelesaikan pendidikan akademik, hingga jenjang doktoral.

"Resmi menyandang gelar doktor dari Universitas Indonesia pada Tahun 2008," tuturnya, sebagaimana dituangkan dalam pandangan dan profile Prof. Petrus Golose.

Diketahui bahwa suksesnya Prof. Petrus Golose dalam bidang akademik sejalan dengan kesuksesan pada karir kepolisiannya. 

Diketahui pada Tahun 2010, Prof. Petrus Golose berhasil diangkat menjadi Direktur Penindakan, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). 

"Usai lima tahun menjabat, kemudian menempati posisi Deputi Kerjasama Internasional BNPT hingga akhirnya pada Tahun 2016 dipercaya sebagai Kapolda Bali," katanya memaparkan.

Karir Prof. Petrus Golose tumbuh gemilang dan bersinar dikala dia mendapat mandat oleh Presiden RI, untuk menduduki jabatan sebagai Kepala BNN RI dan dilantik Kapolri sebagai Jenderal bintang tiga. 

Dedikasi selain menempuh pendidikan formal hingga jenjang tertinggi, sekaligus banyak pula mengikuti pelatihan atau kursus-kursus sejak mengikuti karirnya di kepolisian, mengikuti konferensi Internasional, hingga menjadi pengajar atau dosen di perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri. 

Prof. Petrus Golose tercatat pernah mengajar di sejumlah perguruan tinggi di luar negeri, di antaranya University of Ljubljana di Slovenia dan Hongkong Police College di Hongkong, dan universitas lainnya.

Persyaratan telah menyelesaikan pendidikan S3, ia sudah memiliki publikasi jurnal internasional bereputasi, telah memiliki pengalaman sepuluh tahun mengajar dan telah memenuhi KUM, yakni angka kredit dosen minimal 850 atau 1.050 poin. 

Maka kini tinggal beberapa hari ke depan di bidang akademik, dirinya akan dikukuhkan menjadi guru besar tetap di bidang ilmu kepolisian. Hal penting lainnya, pengukuhan ini akan menjadikan Prof. Petrus Golose sebagai Kepala BNN RI pertama yang dikukuhkan sebagai guru besar tetap saat masih menjabat. 012


TAGS :