Peristiwa

Sambut Hari Bhayangkara ke-76, Pemenang Lomba Karya Tulis Jurnalistik di Polresta Denpasar Raih Penghargaan 

 Senin, 20 Juni 2022 | Dibaca: 233 Pengunjung

Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo berfoto bersama para pemenang lomba karya jurnalistik, foto, dan juga video, Senin (20/6/2022).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Lomba terhadap para insan media dilakukan Polresta Denpasar untuk memeriahkan Hari Bhayangkara ke-76 Tahun 2022, diantaranya lomba karya tulis, lomba foto, juga lomba video jurnalistik. Hal tersebut merupakan inisiasi Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo Pamungkas, SH., S.IK., M.Si.

Mengusung tema khusus, yakni Polresta Denpasar di Mata Jurnalis, telah sukses diikuti 31 peserta dari kalangan media cetak, online, fotografi, dan televisi, tercatat lomba telah ini berlangsung dari tanggal 5 s.d. 15 Mei 2022 lalu.

Karya tulis jurnalistik dihasilkan dalam lomba telah dinilai oleh empat dewan juri antara lain; Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo, akademisi Dr. I Made Sujaya, S.S., M.Hum., wartawan senior Agus Putra Mahendra, S.Sos., M.Si., dan terakhir profesional fotografer Eddy Radja.

Bagi Kapolresta Denpasar AKBP Bambang Yugo, penyelenggaraan lomba karya tulis jurnalistik diadakan karena wartawan adalah penguat atas kegiatan Polri di samping mitra penting dan strategis Polri dalam upaya menyentuh hati masyarakat.

“Jadi melalui lomba ini, Polri tidak lagi menjadi institusi yang membuat takut masyarakat. Tapi Polri berada di tengah masyarakat berbaur menciptakan keamanan dan kenyamanan. Yakni menjadi Dados Bhayangkara sane Mawiguna,” terangnya pasca memberikan Piagam dan hadiah ke para pemenang lomba di halaman Polresta Denpasar, Senin (20/6/2022).

Pihaknya menerangkan bahwa Polri bekerja keras membangun kepercayaan media untuk mengamplifikasi perubahan paradigma dan perilaku Polri dalam mengarungi samudera reformasi di masyarakat.  “Maka tanpa membangun saling percaya dengan media, sekencang apapun berlari, Polri niscaya akan terlihat tidak ke mana-mana,” tuturnya.

Ditegaskan AKBP Bambang Yugo Pamungkas, publik akan terus membutuhkan informasi andal dan terverifikasi melalui kerja jurnalis yang profesional serta independen. “Karena itu, sinergitas Polri dan media wajib hukumnya guna membangun kepercayaan publik dalam era disrupsi digital saat ini, hoaks dan misinformasi begitu banyak tersebar dan mudah diakses masyarakat melalui ponsel pintar. Itu juga berarti hoaks dengan mudah menembus dinding-dinding kamar rumah kita. Di sini kita membutuhkan media dengan jurnalis yang profesional sesuai UU Nomor 40/1999 tentang Pers, dan tegak lurus mengamalkan kode etik,” terangnya lagi.

Untuk diketahui sejumlah nama pemenang lomba karya jurnalistik peringkat pertama Robinson Gamar dengan judul ‘Menemukan Semangat Toleransi Selama Pengamanan Hari Besar Keagamaan di Kota Denpasar’ dari media Kanal Bali. Peringkat kedua, I Wayan Wiadnyana dengan judul ‘Ancaman Kapolresta Denpasar Dibalik Pengungkapan Sejumlah Kasus Besar’ dari Harian Denpost. Peringkat ketiga, Ayu Afria Ulita Ermalia dengan judul ‘Bukan Sembarang Polwan! Siapa Tim Srikandi Presisi Polresta Denpasar?’ dari IDN Times. Terakhir juara favorit, Sui Suadnyana dengan judul ‘Momen Polisi-Pecalang Susuri Malam demi Jaga Rumah Pemudik’ dari Detik.com.

Untuk juara lomba foto, juara I, I Gusti Ngurah Agung Bayu Sastra Negari dari media Bali Express. Juara II, Naufal Fikri Yusuf dari Antara. Juara III, Adrian Suwanto dari media Radar Bali. Sedangkan juara video, Juara I, Rai Suwantara Dari media Bali TV. Juara II Yudha Maruta dari Media TVRI. Dan juara III, I Wayan Handi Kurniawan Jurnalis RTV. 012


TAGS :