Sosial

Sambut Harganas, Perwakilan BKKBN Bali Laksanakan Jalan Sehat

 Jumat, 24 Juni 2022 | Dibaca: 233 Pengunjung

www.mediabali.id, Denpasar. 

Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BKKBN) Bali menggelar jalan sehat pada Jumat (24/6). Jalan sehat dilaksanakan serangkaian Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-29 yang puncaknya dilaksanakan tanggal 29 Juni 2022 mendatang.

Jalan sehat yang diikuti mitra kerja BKKBN itu dilepas langsung Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Bali dr. Ni Luh Gede Sukardiasih, M.For., MARS. Yel-yel bebas stunting pun digelorakan sebelum pelepasan. 

Jalan sehat mengambil rute di sekitar kawasan Niti Mandala Denpasar. Start dumulai dari Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Bali yang terlaletak tepat di bagian barat daya Niti Mandala, kemudian mengambil arah utara menuju Jalan Tantular dan berbalik melalui Jalan Puputan Margarana hingga kembali lagi di Kantor Perwakilan BKKBN Bali.

"Tujuannya untuk mepererat persaudaraan dan menjaga kesehatan," kata Sukardiasih.

Menurutnya kesehatan sangatlah penting. Oleh karena itu kegiatan tersebut adalah upaya untuk membudayakan perilaku hidup bersih dan sehat lebih-lebih bagi mereka yang mengabdi pada masyarakat.  

Jalan sehat kemudian diikuti dengan pelaksanaan senam dan sejumlah lomba. Beberapa lomba tersebut meliputi lomba olahraga, olah jasmani, dan olah pikir bagi seluruh peserta. "Juga akan ada dharma wacana untuk olah rohani, sehingga antara olah jasmani dan olah rohani bisa sinkron," katanya.

Pada kesempatan tersebut, di halaman Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Bali juga dipenuhi sejumlah stand Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Aseptor (UPPKA). Stand menjual produk mulai dari jajanan, makanan, pakaian, dupa dan produk kreatif lainnya. "Ini adalah salah satu cara menghidupkan UMKM yang ada di Bali," kata dia.

Adapun beberapa lomba yang dilakukan pada momentum itu antara lain lomba ngulat tipat, lomba junjung botol, lomba memasukkan paku ke botol, dan lomba lari kelereng. Sukardiasih mengungkapkan lomba sederhana dan murah meriah ini bukan sekadar mementingkan hadiah, namun yang lebih dipentingkan adalah kebersamaan dan suka cita bersama. 

"Setelah kegiatan ini, rangkaian kegiatan yang akan berlangsung adalah sembahyang bersama, penyerahan paket sembako untuk lansia, talkshow, dan apel puncak peringatan Hari Keluarga Nasional," pungkasnya. 006


TAGS :