Politik

Raih Suara Terbanyak, PDIP Optimis Pertahankan Posisi Bupati Karangasem

 Kamis, 07 Maret 2024 | Dibaca: 656 Pengunjung

Foto : Wayan Sudira

www.mediabali.id, Karangasem. 

PDIP Karangasem keluar sebagai peraih suara terbanyak Pileg 2024 dengan memperoleh 99.575 suara. PDIP dipastikan akan mengunci 15 dari 45 Kursi DPRD Karangasem atau 33% kursi. Jumlah suara tersebut sudah cukup untuk mencalonkan Bupati-Wakil Bupati tanpa perlu koalisi.

Sekretaris DPC PDIP Karangasem Wayan Sudira mengaku cukup puas dengan perolehan Kursi PDIP di Karangasem. Pasalnya pada pileg 2024 ini PDIP berhasil menambah 3 kursi. "Kami bisa menambah 3 kursi yang awalnya 12 pada pileg 2019 sekarang menjadi 15 kursi, " Ujar Sudira saat dikonfirmasi, Rabu (6/3). Dengan hasil tersebut, Sudira yang dipastikan lolos sebagai anggota Dewan dari Dapil Kecamatan Bebandem tersebut semakin optimis bisa mempertahankan Posisi Bupati Karangasem yang saat ini dijabat kader PDIP Gede Dana. "Kita harus optimis Bisa membuat PDIP (Gede Dana) bisa meraih 2 periode, " Terangnya.

Baca juga:
Darmini- Swastika, Calon Pasutri Raih Suara Tertinggi di Karangasem

Sudira menyampaikan bahwa pihaknya pastinya akan kembali mencalonkan Gede Dana yang saat ini sebagai Bupati Incambent. Namun untuk wakil masih perlu survey dan penjajakan. Sebab Wakil Bupati Wayan Arta Dipa yang juga kader PDIP sudah dua kali sebagai wakil bupati berturut-turut jadi tidak boleh diajukan. "Untuk wakil masih belum, masih tunggu hasil survey dan penjajakan calon, " Terang Sudira yang mengaku tidak menutup kemungkinan PDIP juga bisa berkoalisi dengan partai lain untuk posisi calon wakil.

Sementara itu, hasil Pileg 2024 menujukkan bahwa dibawah PDIP ada Partai Gerindra yang mengejutkan mampu meraih 50.164 suara. Gerindra Karangasem dipastikan mengunci 9 Kursi dari 45 Kursi DPRD Karangasem. Jumlah tersebut memenuhi ambang batas minimal 20 persen untuk bisa mencalonkan Bupati-Wakil Bupati Karangasem dalam Pilkada Karangasem 27 November 2024 mendatang.
Perolehan suara selanjutnya di posisi 3 ada partai Golkar yang meraih 50.960 suara yang mendapat 8 Kursi DPRD Karangasem. Disusul Partai Nasdem 41.395 suara mendapat 5 Kursi DPRD. Selanjutnya ada partai Demokrat yang meraih 33.876 suara namun berhasil mendapatkan 6 Kursi. Hanura dan Perindo masing-masing hanya dapat 1 kursi. Selanjutnya disusul partai-partai kecil lainnya yang tidak dapat kursi. Str


TAGS :