Politik

KPU Gelar PSU di Desa Temukus dan Pedawa

 Senin, 19 Februari 2024 | Dibaca: 194 Pengunjung

Persiapan logistik dan keamanan dalam menggelar PSU telah rampung di Desa Pedawa dan Desa Temukus, Senin (19/2/2024).

www.mediabali.id, Buleleng. 

Meski pencobloson telah usai, Rabu (14/2/2024) lalu. Namun, proses Pemungutan suara ulang (PSU) harus dilakukan KPU Buleleng pada 4 TPS di dua desa.

PSU di antaranya adalah TPS 4 dan 5 di Desa Temukus akibat kesalahan prosedur pemilih, dan TPS 5 dan 6 di Desa Pedawa mengalami surat suara yang tertukar. 

Oleh sebab itu, telah diupayakan dengan koordinasi rapat melibatkan Forkopimda Buleleng dan aparatur desa, di Berutz Bar & Resto, Senin (19/2/2024).

Dijelaskan Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana bahwa terhadap jalannya PSU nanti akan baik dan tanpa kendala yang berarti.

Persiapan teknis telah dilaksanakan meliputi penyebaran C pemberitahuan kepada seluruh pemilih yang terdaftar di TPS 4 & 5 Desa Temukus, serta TPS 5 dan 6 Desa Pedawa. Terhadap logistik sudah didistribusikan sehingga TPS dapat ditata pada sore hari.

Lanjut, Dudhi bahwa logistik PSU khususnya surat suara dibuat agar tidak sama persis dengan pemungutan suara sebelumnya guna menghindari pemalsuan.

"Logistik surat suara kita sudah memiliki khusus untuk PSU, sudah disiapkan sebelumnya, akan berstempel PSU, jadi tidak seperti surat suara pada pemilihan yang kemarin," jelas Dudhi.

Ditambahkan Kabag Ops Polres Buleleng I Nyoman Wiranata telah siap mengerahkan jajarannya untuk melaksanakan pengamanan ekstra selama PSU berlangsung di dua desa tersebut.

"Rencananya kita menerjunkan pada masing-masing TPS sebanyak 20 orang personel," kata Wiranata.

Ia berharap masyarakat agar bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban agar pelaksanaan PSU pada Selasa (20/2) besok dapat berjalan baik dan semestinya. 012


TAGS :