Peristiwa

Jelang Nyepi Caka 1946, De Gadjah Dukung Ratusan Kreativitas Ogoh-Ogoh, Jaga Seni Budaya Bali

 Sabtu, 09 Maret 2024 | Dibaca: 188 Pengunjung

Suasana pemuda-pemudi STT di Kota Denpasar, yang telah mempersiapkan Ogoh-ogohnya di malam Pangerupukan, Minggu (10/3/2024) besok.

www.mediabali.id, Denpasar. 

Politisi dari Partai Gerindra Bali, Made Muliawan Arya, SE., MH., dikenal Sekaa Teruna-Teruni (STT) di Kota Denpasar sangat loyal dan peduli terhadap pelestarian seni budaya Bali. Baru-baru ini, De Gadjah, sapaan akrabnya kembali memberikan dukungan untuk kreativitas Ogoh-ogoh menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946.

De Gadjah yang juga Ketua Tim Kemenangan Daerah (TKD) Prabowo-Gibran Bali ini sebelumnya memberikan bantuan daging babi untuk pemuda dan masyarakat Kota Denpasar, yang menyambut Galungan dan Kuningan. Kini De Gadjah hadir membantu Ogoh-ogoh yang didominasi dikerjakan para pemuda-pemudi, salah satunya di banjar-banjar di Kota Denpasar.

Diungkapkan De Gadjah, pagelaran Ogoh-ogoh sebagai salah satu bentuk seni budaya dan kreativitas pemuda-pemudi di Kota Denpasar. Tentu dalam proses menuju Hari Pengerupukan, Ogoh-ogoh sangat dinantikan masyarakat. Usai Pangerupukan, keesokan harinya masyarakat Bali akan menjalankan Catur Brata Penyepian adalah amati karya, amati geni, amati lelungan, dan amati lelanguan.

"Iya, ini program rutin setiap tahun yang saya miliki. Tujuannya dua: Pertama, melestarikan tradisi ogoh-ogoh, Kedua, mensupport kreativitas anak-anak muda," ujar De Gadjah sekaligus Wakil Ketua DPRD Kota Denpasar ini, Sabtu (9/3/2024).

Seperti umat Hindu lainnya di Kabupaten/Kota di Bali, tradisi membuat dan mengarak Ogoh-ogoh merupakan kelestarian budaya turun temurun yang patut dijaga pemuda-pemudi Bali. Oleh karena itu, De Gadjah merasa penting dalam menjaga kreativitas generasi muda Bali.

"Saya selalu berusaha mensupport kreatifitas anak-anak muda, apapun itu, asalkan bernilai positif. Apalagi Ogoh-ogoh yang memiliki nilai seni dan kebudayaan Bali, wajib bagi saya," ucap De Gadjah. 

Saat ini, tanggung jawabnya semakin luas seiring lolosnya De Gadjah menjadi DPRD Provinsi Bali. 

"Sebelumnya, karena saya DPRD Kota Denpasar Dapil 2, saya fokus di Dapil tiang. Namun sejak tahun kemarin, saya niat maju Calon Provinsi Bali dari Dapil Denpasar, otomatis harus lebih luas lagi mensupport anak-anak muda di Kota Denpasar," tegasnya.

Pada Pemilu 2024, masyarakat Denpasar memberikan kepercayaan kepada De Gadjah dengan perolehan suara tertinggi dibanding calon-calon lainnya. Hal ini sebagai prestasi dan kepercayaan tinggi yang patut menjadi motivasi ke depan untuk turun ke masyarakat.

"Ini semua tidak lepas dari kepercayaan masyarakat, kerja-kerja sosial kami selama ini, dan tentu restu dari Tuhan," demikian De Gadjah, dengan penuh rasa optimisme. 012


TAGS :