Politik

Beda Nasib Partai Pendukung Prabowo-Gibran di Karangasem, Golkar Anjlok, Gerindra Naik Daun

 Selasa, 20 Februari 2024 | Dibaca: 332 Pengunjung

Foto: Gusti Ngurah Setiawan (kiri) Nyoman Suyasa (kanan)

www.mediabali.id, Karangasem. 

KARANGASEM, Media Bali - Kemenangan pasangan Capres Prabowo-Gibran di Karangasem tidak serta merta berbuah manis untuk partai pengusungnya. Bak mata pisau, ternyata satu tajam yang lain tumpul. Begitulah yang terjadi pada partai Golkar dan Gerindra di Karangasem. Seperti beda nasib, Golkar justru anjlok kehilangan 3 kursi, sementara Gerindra naik daun mampu menanambah 4 kursi di DPRD Karangasem. 

Nasib apes dialami Partai Golkar Karangasem di Bumi lahar. Pasalnya pada pemilu 2024 ini, suara Golkar diprediksi anjlok. Dari data sementara, Golkar hanya mampu meloloskan 8 calonnya untuk duduk di Legislatif. Perolehan ini menjadi pukulan telak bagi partai Beringin sebab pada pemilu 2019 Golkar meraih 11 Kursi. 

Ketua DPD Golkar Karangasem l Gusti Ngurah Setiawan mengakui bahwa perolehan suara Golkar pada Pileg 2024 diprediksi menurun. "Dilihat dari data sementara cuma dapat 8 kursi, " Ujar Setiawan saat dihubungi, senin (19/2). Setiawan yang akrab disapa Gus Zombi tersebut menuturkan bahwa Golkar berpotensi kehilangan 3 kursi menyusul tumbangnya para incumben Golkar dalam pemilihan. "Semua sudah berusaha, namun inilah hasilnya yang harus dihormati, " Ujar Gusti Setiawan yang juga mengaku gagal lolos yang maju di Dapil 1 Kecamatan Karangasem. 

Sementara calon Golkar yang diprediksi lolos sebagai Anggota DPR adalah Komang Mustika Jaya, I Nengah Sumardi, Nyoman Semadi, Komang Rena, Anak Agung Gung Dwi, Komang Musna Antara, I Wayan Dikep, dan Nyoman Mardana Wimbawa. 

Dihubungi terpisah, Ketua DPC Gerindra Karangasem Nyoman Suyasa merasa bersyukur atas pencapaian Gerindra di Karangasem. Selain sukses memenangkan Prabowo-Gibran hingga 58%, ternyata perolehan Kursi Partai Gerindra diprediksi meningkat tajam. Pasalnya meningkat dari 5 kursi pada Pileg tahun 2019 meningkat menjadi 9 kursi pada Pileg tahun 2024 ini. "Astungkara bisa meraih 9 kursi sesuai target partai, " Ujar Suyasa saat dihubungi, Senin (19/2). 

Suyasa yang juga memastikan lolos kembali sebagai anggota DPRD Bali tersebut menerangkan bahwa perolehan kursi 9 kursi DPRD Karangasem tersebut berasal dari 6 Dapil di Karangasem. Rinciannya 1 kursi dari Dapil 1 Karangasem, 1 kursi di Dapil 2 (Kecamatan Bebandem) , 1 kursi di Dapil 3 (Kecamatan Manggis), 2 kursi di Dapil 4 (Selat, Rendang, Sideman) 2 kursi di Dapil 5  (Kecamatan Kubu)  dan 2 kursi lagi di Dapil 6  (Kecamatan Abang). Str 


TAGS :