Peristiwa

Nusa Penida Butuh Tambahan Lifeguard Lokal

 Senin, 23 Januari 2023 | Dibaca: 296 Pengunjung

www.mediabali.id, Klungkung. 

Kecelakaan yang menimpa wisatawan yang terjadi di Nusa Penida akhir-akhir ini harus mendapatkan respon cepat agar kasus serupa tidak terjadi kembali. Selain menutup titik pantai yang berbahaya, perlu juga petugas yang mengawasi wisatawan agar mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Anggota DPRD Klungkung asal Nusa Penida I Wayan Baru pun meminta agar keberadaan petugas lifeguard menjadi prioritas utama. Pasalnya, tingginya jumlah pengunjung ke Nusa Penida seharusnya diikuti dengan peningkatan keamanan objek wisata. 

Apalagi Nusa Penida yang terkenal dengan wisata baharinya tentu sangat terpengaruh terhadap kondisi cuaca. Saat cuaca bagus dan angin tenang tentu pantai-pantai yang ada di Nusa Penida sangat bersahabat untuk wisatawan yang ingin berenang dan beraktivitas di pesisir pantai. 

Namun di saat cuaca buruk dan ombak besar tentu kondisi ini sangat berbahaya untuk wisatawan. Jika tidak ada pengawas pantai yang melarang pengunjung akan berpotensi terjadinya kecelakaan. "Sampai saat ini jumlah lifeguard di Nusa Penida masih kurang. Bisa dilihat dari beberapa objek wisata yang belum ada lifeguardnya," beber Wayan Baru Senin (23/1).

Wayan Baru menyebutkan Klungkung tidak kekurangan SDM untuk bekerja sebagai lifeguard. Selain itu terkait anggaran tentunya dengan adanya pungutan Rp 25 ribu kepada pengunjung bisa mengcover hal itu. Hanya saja perlu keseriusan pemerintah untuk menanggapi masalah ini. " Dengan membayar Rp 25 ribu tentu kita harus juga memberikan keamanan kepada wisatawan. Agar citra Nusa Penida ini menjadi baik di Mancanegara," sebutnya.

Wayan Baru mengungkapkan, masalah keterbatasan lifeguard sebenarnya sudah menjadi persoalan sejak dulu. Bahkan sebelum Pandemi Covid 19. Namun sampai saat ini belum juga ada penambahan lifeguard yang sesuai dengan kebutuhan di Nusa Penida. 

Pihaknya pun berpesan agar nantinya dalam memilih lifeguard diutamakan tenaga lokal karena lebih paham terhadap kondisi alam dan keadaan kawasan. "Pemilihan lifeguard usahakan orang lokal karena mengerti kondisi kawasan. Selain itu dapat menambah lapangan kerja," ujar Wayan Baru. 007


TAGS :