Lingkungan

Tanam 20.000 Bibit Pohon Bakau, BAF ECO MOVE 2023 Sasar 6 Pesisir di Tanah Air

 Sabtu, 22 Juli 2023 | Dibaca: 338 Pengunjung

Langkah kepedulian CSR ditunjukan PT BAF melalui BAF ECO Move 2023, dengan menanam 20.000 bibit bakau di Indonesia.

www.mediabali.id, Nasional. 

Partisipasi dalam rangka pelestarian lingkungan dilakukan PT Bussan Auto Finance (BAF), melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) BAF ECO Move.

Pasca berhasil menjalankan BAF ECO Move sejak Tahun 2021 lalu, berlanjut Tahun 2022 ini BAF kembali menjalankan kegiatan serupa sebagai bagian dari rangkaian CSR BAF setiap tahunnya.

Menariknya, terdapat yang berbeda pada tahun ini, di mana kawasan mangrove terpilih sebagai tempat penanaman bibit pohon bakau pada BAF ECO Move 2023.

BAF turut ingin meningkatkan kesadaran akan pentingnya menciptakan ekosistem pesisir yang sehat.

Maka sebagai perusahaan pembiayaan, BAF memiliki andil untuk tetap mengedepankan keselarasan terhadap kepentingan ekonomi, sosial, dan lingkungan. Oleh karenanya, penanaman bibit bakau yang berkualitas menjadi fokus utama dalam menyukseskan BAF ECO Move 2023.

Hal tersebut pula sebagai salah satu cara yang dipilih oleh BAF untuk berkontribusi terhadap keselamatan dan kelestarian hutan bakau, sekaligus pelindung kawasan pesisir dan habitat hewan laut.

BAF ECO Move 2023 menyasar beberapa wilayah pesisir yang membutuhkan restorasi ekosistem.  Bekerja sama dengan 'LindungiHutan', platform crowdsourcing penggalangan dana online untuk konservasi hutan dan lingkungan, BAF mengidentifikasi lokasi-lokasi yang paling membutuhkan penanaman pohon bakau.

Selain itu, area pesisir pantai yang dipilih di antaranya Pantai Indah Kapuk di Jakarta Utara, Pesisir Tambakrejo di Semarang, Pesisir Indramayu Jawa Barat, Pesisir Kumai di Kotawaringin Barat, Ekowisata Mangrove Wonorejo di Surabaya, dan Teluk Benoa di Badung Bali Selatan.

Seremoni tentang penanaman bibit pohon bakau dilakukan pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 secara serentak di 6 area tersebut.

Khusus di wilayah Jakarta, manajemen BAF juga turut hadir langsung untuk melakukan penanaman simbolis di lokasi Pantai Indah Kapuk.

Sebanyak 20.000 bibit pohon bakau didonasikan secara merata di 6 area terpilih di seluruh Indonesia. Bibit pohon yang didonasikan merupakan dukungan dari karyawan (BAFers), Konsumen BAF (BAF Friends) yang mengajukan pembiayaan di BAF selama periode 12 April-31 Mei 2023, serta kontribusi dari mitra kerja atau mitra bisnis BAF, di antaranya Dealer rekanan Motor Baru Yamaha, serta rekanan BAF lainnya.

Harapanny dengan terlaksananya program ini, BAF berharap dapat mencapai beberapa tujuan penting yaitu: Pertama, meningkatkan keanekaragaman hayati dengan menciptakan habitat baru bagi berbagai spesies yang bergantung pada ekosistem pesisir, termasuk ikan, burung, dan biota laut lainnya.

Kedua, melindungi garis pantai, mengurangi erosi tanah dengan akar pohon bakau yang kuat, serta mampu menahan sedimentasi, dan mempertahankan keberadaan tanah.

Sebagai perusahaan pembiayaan yang mendukung terwujudnya keuangan berkelanjutan (sustainable finance), serta Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs), BAF akan terus mengadakan kegiatan kepeduliannya dalam bentuk CSR secara rutin setiap tahunnya.

Kedepannya atas kolaborasi yang kuat, program terkait dapat mempercepat langkah-langkah pelestarian lingkungan serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya ekosistem pesisir yang sehat bagi kehidupan dan generasi mendatang.

Tentang PT Bussan Auto Finance (BAF)
PT Bussan Auto Finance (BAF) merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa pembiayaan yang didirikan sejak Tahun 1997 dan berkonsentrasi pada pembiayaan sepeda motor Yamaha.

Pemegang saham pengendali BAF ialah Mitsui & Co., Ltd. Seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan kebutuhan masyarakat, BAF kini menyediakan solusi pembiayaan bagi berbagai kebutuhan masyarakat dengan melayani pembiayaan sepeda motor baru Yamaha (NMC), pembiayaan mobil baru, pembiayaan elektronik, gadget dan furnitur, pembiayaan sepeda motor bekas (UMC), pembiayaan mesin pertanian, BAF Dana Syariah, BAF AdiDana, dan BAF PraDana.

BAF telah terdaftar dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) dan Biro Kredit. Dalam melaksanakan kegiatan bisnisnya BAF berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Mengenai informasi lebih lanjut masyarakat dapat menghubungi: Pangestu Wibowo Head of Communication & Branding
PT Bussan Auto Finance
BAF Plaza 5th Floor
Jl. Raya Tanjung Barat No.121,
Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Indonesia
t. +62-21 2939 6000
[email protected]
www.baf.id


TAGS :