Peristiwa

Polda Bali Sinergi Keamanan Malam Tahun Baru 2024 dan Penyebrangan Gilimanuk

 Kamis, 28 Desember 2023 | Dibaca: 197 Pengunjung

Polda Bali berkolaborasi dengan instansi terkait antisipasi keramaian malam tahun baru dan pengamanan di Pelabuhan Penyebrangan Gilimanuk, Kamis (28/12/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., dalam konferensi pers akhir Tahun 2023, mengapresiasi kinerja media massa dalam memberi informasi berita yang aktual ke masyarakat.

"Apresiasi terhadap media massa yang memberikan informasi berita aktual ke masyarakat, termasuk kegiatan Polda Bali beserta jajaran," ujarnya, Kamis (28/12/2023) di Hongkong Garden Restaurant, Denpasar.

Kapolda Bali IB Narendra menerangkan berdasarkan survey Litbang Kompas, periode 23-31 Oktober 2023, data kepuasan masyarakat terhadap layanan pengaduan Polri 85,1%; Penerimaan pengaduan 97,7%; Tindak lanjut pengaduan 80,2%; Penyelesaian pengaduan 78,9%;

Kemudian survei data Kepuasan masyarakat terhadap kinerja Polri, periode 23-31 Oktober 2023, Penegakan hukum 76,2%; Pelayanan publik 92,1%; Menjaga Kamtibmas 89,6%; Kinerja Polri keseluruhan 87,8%.

"Capaian ini juga berkat Program Quick Wins Presisi, yang sudah dilakukan seluruh anggota Polri. Lewat kegiatan ini menjadi sarana konsolidasi dan silahturahmi bagi kita semua, supaya kegiatan kehumasan dan jurnalistik kita dapat berjalan bermanfaat serta mendapat respon positif masyarakat," tegasnya.

Pihaknya menekankan bahwa media massa sebagai sumber informasi memegang peranan yang sangat penting dalam membentuk opini dan sikap publik terhadap isu-isu yang berkembang di sekitar masyarakat.

"Media massa memiliki tanggung jawab moral untuk menyajikan informasi yang akurat, adil, dan seimbang. Penting bagi awak media khususnya di Bali untuk menjaga profesionalistas, objektivitas, dan integritasnya dalam melaksanakan peliputan maupun penyebaran informasi kepada masyarakat," ucapnya.

Penyebrangan Gilimanuk
Pemantauan selama Nataru 2023, terjadi kondisi ramai lancar dan Polda Bali melakukan pengamanan salah satunya di daerah kapal penyebrangan Gilimanuk, Negara.

"Arus masuk di wilayah Bali Barat, terutama di Gilimanuk. Saat padat nanti, akan diubah ASDP menjadi 32 kali penyebrangan. Namun, hal ini terdapat kendala seperti kapal tidak dapat merapat karena air laut surut, terhambat sebentar menunggu air laut pasang. Pengamanan Polairud Polda Bali, TNI AL, Brimob, dan lainnya siap mem-back up keamanan supaya kapal bisa berjalan lancar," imbuhnya.

Ditambahkan Kapolda Bali IB Narendra, turut melakukan pencegahan kemacetan kendaraan di Pelabuhan Gilimanuk, dengan menyiapkan kantong parkir tambahan.

"Kami menyiapkan kantong parkir, terutama mengantisipasi untuk arus balik yang diperkirakan pada tanggal 1 dan 2 Januari 2024. Sudah kami koordinasikan untuk diatur sebaik-baiknya dan bergiliran, termasuk mengingatkan ASDP supaya tidak melebihi muatan kapal penyebrangan," tegasnya. 012


TAGS :