Pendidikan

Pengabdian Masyarakat di Desa Wisata Manistutu Libatkan Mahasiswa dan Dosen Prodi Doktor Ilmu Komunikasi UHN IGB Sugriwa Denpasar

 Senin, 08 April 2024 | Dibaca: 230 Pengunjung

Prodi Doktor Ilmu Komunikasi UHN IGB Sugriwa Denpasar mengadakan kerja sama pengabdian masyarakat di Desa Wisata Manistutu, pada 6-7 April 2024.

www.mediabali.id, Jembrana. 

Mahasiswa dan dosen Prodi Doktor Ilmu Komunikasi Hindu, Universitas Hindu I Gusti Bagus Sugriwa Denpasar, melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di Kantor Desa Manistutu, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, pada 6-7 April 2024.

Kegiatan ini sebagai bagian dari program semester genap Tahun Ajaran 2023/2024. Tujuannya adalah mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan Desa Wisata Manistutu.

Kepala Desa Manistutu, I Nyoman Budiana dalam pembukaan mengatakan rasa terima kasih atas dipilihnya Desa Manistutu sebagai lokasi pengabdian.

Ia berharap kolaborasi dapat berlanjut untuk meningkatkan promosi Desa Wisata Manistutu, yang sukses meraih penghargaan masuk 75 besar Desa dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif dari Prodi Doktor Ilmu Komunikasi UHN IGB Sugriwa Denpasar dalam memilih Desa Manistutu sebagai lokasi pengabdian," ujar Budiana, Minggu (7/4/2024).

Dijelaskan Ketua Prodi Doktor Ilmu Komunikasi UHN IGB Sugriwa Denpasar bahwa program pengabdian ini merupakan agenda rutin setiap semester.

"Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi, khususnya dalam bidang pengabdian kepada masyarakat," jelasnya.

Ditambahkan I Made Abdi Negara, Ketua PROKERTI/Pengelola UMKM Umah Manis Desa Manistutu, pada pembukaan tersebut sangat bangga atas kehadiran mahasiswa Prodi Doktor Ilmu Komunikasi UHN IGB Sugriwa.

"Kegiatan ini tentunya akan memberikan inspirasi dan motivasi kepada masyarakat Desa Manistutu dalam mengembangkan potensi desa kami," imbuh Abdi Negara.

Untuk diketahui, kegiatan ini melibatkan enam narasumber dosen: Prof. Dr. Drs. I Ketut Sumadi, M.Par., dengan topik "Literasi Komunikasi Wisata Religi Berbasis Tri Hita Karana"; Prof. Dr. Drs. I Nyoman Linggih, M.Si., dengan topik "Karya Seni Sebagai Media Komunikasi Hindu"; dan Dr. I Nyoman Kiriana, MA., dengan topik "Literasi Komunikasi Keagamaan".

Selanjutnya, narasumber mahasiswa: Ir. I Nyoman Mahardika, M.I Kom., dengan topik "Semakin Bersemangat menjadi Hindu di Era Society 5.0"; Ir. I Nyoman Merta, M.I.Kom., dengan topik "Literasi media dan etika bermedia sosial"; dan I Made Widiantara, S.Psi, M.Si., dengan topik "Literasi Pemasaran Desa Wisata berbasis Digital".

Tokoh pendidikan I Ketut Mardika Diana, S.Pd., M.Pd., selaku Pembina Yayasan Budi Sastra Werdhi, SMA Hindu Kemenag Manistutu menuturkan antusiasmenya terhadap materi yang disampaikan para narasumber.

"Saya merasa materi yang disampaikan oleh para narasumber sangat relevan dengan kebutuhan kami dalam mengembangkan Desa Wisata Manistutu. Saya yakin dengan pengetahuan dan keterampilan yang kami peroleh, kami dapat berkontribusi lebih baik dalam pendidikan anak-anak untuk mempromosikan dan mengelola desa wisata kami," kata Mardika Diana.

Ni Kadek Arsiani selaku siswa sekolah Hindu di Desa Manistutu menyampaikan rasa terima kasihnya atas kesempatan yang diberikan untuk mengikuti kegiatan pengabdian ini.

"Saya sangat senang dapat berpartisipasi dalam kegiatan ini. Saya mendapatkan banyak pengetahuan baru, terutama tentang pentingnya menjaga nilai-nilai Hindu dan memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan desa wisata kami," katanya.

Diungkapkan pula oleh Dr. I Nyoman Kiriana, MA., salah satu narasumber dari dosen, mengapresiasi antusiasme dan partisipasi aktif peserta dalam kegiatan ini.

"Saya sangat terkesan dengan semangat dan keingintahuan peserta dalam mengikuti kegiatan ini," tandasnya. 012/*

​​​


TAGS :