Sosial

Harga Bahan Pokok di Nusa Penida Merangkak Naik, Dewan Harus Turun Bantu Masyarakat

 Jumat, 16 September 2022 | Dibaca: 487 Pengunjung

www.mediabali.id, Klungkung. 

Dampak kenaikan BBM ternyata berpengaruh besar terhadap kenaikan harga bahan pokok di pasaran. Hal ini juga terjadi di wilayah Klungkung, sejumlah barang kebutuhan harian kini harganya melonjak drastis. Dampak paling besar pun terjadi di wilayah Nusa Penida. Pasalnya pasca kenaikan BBM harga tiket penyeberangan dari Klungkung daratan ke Nusa Penida. Kondisi ini mendongkrak harga bahan pokok di Nusa Penida menjadi amat tinggi.

Hasil pemantauan dari Pemkab Klungkung menyebutkan kenaiakan harga barang terjadi di dua pasar besar di Nusa Penida yakni Pasar Mentigi dana Lembongan. Seperti harga bawang merah di Pasar Mentigi dan Lembongan mencapai Rp 35 ribu per kilogram. Harga tersebut lebih tinggi dibandingkan harga bawang merah di Pasar Galiran, Klungkung yang berkisar Rp 26 ribu.

Mengatasi peningkatan harga tersebut Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta pun mengambil langkah dengan menyiapkan angkutan penyeberangan gratis khusus untuk mengangkut bahan pokok. Pemkab Klungkung juga melakukan intervensi harga pasar menggunakan dana Belanja Tidak Terduga (BTT).

Selain Pemkab Klungkung yang bergerak menekan harga komoditi di pasaran, para anggota dewan dari DPRD Klungkung juga turun ke masyarakat memberikan bantuan langsung. Salah satunya Wakil Ketua DPRD Klungkung I Wayan Baru yang merupakan wakil rakyat asal Nusa Penida.

Gerakan memberikan bantuan langsung ini sebenarnya telah ia lakukan selama pandemi Covid-19, namun kali ini ia semakin intens turun untuk ikut serta membantu masyarakat Nusa Penida yang mengalami kesulitan. "Kalau dulu kita berikan bantuan karena pandemi, kini bantuan kita berikan untuk mengatasi harga kebutuhan pokok masyarakat yang terus meningkat," tutur Wayan Baru, Jumat (16/9).

Bantuan tersebut menyasar masyarakat kurang mampu yang ada di Nusa Penida dan juga masyarakat yang hidup sendiri. "Bantuan kita berikan kepada masyarakat kurang mampu. Apalagi yang hidup sendiri seharusnya menjadi tanggung jawab kita semua," tutur Wayan Baru.

Pihaknya berharap agar gerakannya dalam membantu masyarakat saat kenaikan harga komoditi seperti saat ini bisa diikuti oleh teman-teman anggota dewan. Mengingat saat ini perlu perhatian serius dari pemangku kebijakan untuk membantu masyarakat yang sedang kesulitan.

Selain fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan, DPRD Klungkung juga bisa berperan aktif dalam membantu masyarakat. Diharapkan dengan peran serta semua stakeholder di Kabupaten Klungkung dapat membantu masyarakat Nusa Penida untuk melewati krisis dan kenaikan komoditi di pasaran. 007


TAGS :