Olahraga

Gran Fondo New York Dilepas Wagub Cok Ace, Peserta Capai 1.900 Demi Bangkitkan Pariwisata Bali

 Minggu, 07 Agustus 2022 | Dibaca: 240 Pengunjung

Ribuan peserta dalam road bike GFNY Championship Asia, membantu percepatan pemulihan sektor pariwisata Bali, dilepas resmi oleh Wagub Bali Prof. Cok Ace, Minggu (7/8/2022).

www.mediabali.id, Gianyar. 

Balap sepeda road bike Gran Fondo New York (GFNY) Championship Asia - Bali 2022, diamankan sebanyak 872 personel, dimana sebelumnya telah dilakukan apel pengecekan di Pantai Masceti, Gianyar, Sabtu (6/7/2022).

 Polda Bali dan jajarannya menggelar operasi kepolisian dengan sandi operasi, yaitu Ops Gapura Agung VI-2022.

Selaku pimpinan apel, Karo Ops Polda Bali Kombes. Pol. Firman Nainggolan, SH., MH., berharap selama dilaksanakannya pengamanan balap sepeda GFNY, aparat diminta jangan bersikap underestimate (meremehkan-red).

“Jika disimak, rute GFNY sangat jauh. Para pesertanya akan memulai start Pukul 06.00 Wita dan akan finish sore hari Pukul 15.00 Wita. Jadi, gunakan alat komunikasi, seperti HT untuk memonitor pergerakan peserta balap sepeda GFNY. Kemudian daerah yang jaringan HT-nya blank agar memberi laporan menggunakan HP,” terang Kombes Pol. Firman.

Ia menegaskan para Kasatgas supaya mengatur penempatan personel secara efektif dan seluruh rangkaian GFNY 2022 mampu berjalan aman lancar. “Bila mengalami kendala dalam pengaman supaya melaporkan ke pimpinan secara berjenjang,” tegasnya.

Di dalam kegiatannya, para peserta road bike GFNY Championship Asia, Minggu (7/8) kemarin resmi dilepas Wagub Bali Prof. Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) di Kilometer 19.9 Jalan By Pass Prof. Ida Bagus Mantra, Gianyar.

Kemeriahan sangat terlihat dari kedatangan 1.900 peserta berasal atas 30 negara, dimana terbagi menjadi dua jarak tempuh, yaitu long (137 km) dan medium (102 km), yang melewati pesisir pantai dan area pegunungan di wilayah Bali Timur. 

“Kegiatan ini sangat hebat dan luar biasa, selamat untuk jajaran panitia dan juga peserta yang begitu antusias mengikuti kegiatan ini,” kata Prof. Cok Ace, didampingi Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, SH., M.Si., Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Ketut Suardana, M.Si., dan sejumlah pejabat Mabes Polri bersama-sama memeriahkan ajang ini. 

Pelepasan peserta GFNY Bali 2022 oleh Wagub Cok Ace turut juga disaksikan Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (Sekjen PB ISSI) Parama Nugroho, dan Direktur Poltekpar Bali, Drs. Ida Bagus Putu Puja, M.Kes., dan lainnya. 

Prof. Cok Ace sangat bersyukur sebab event bergengsi ini mampu digelar, meski sebelumnya sempat tertunda karena dampak pandemi Covid-19. Selain itu, event road bike GFNY Championship Asia diharapkan dapat mempercepat pemulihan sektor pariwisata di Bali. 

“Maka dalam lintas sepanjang rute yang dilalui, saya yakin para peserta akan banyak mengambil foto dan di-upload di media sosial masing-masing. Ini sangat baik untuk pariwisata Bali, sangat baik bagi upaya pemulihan ekonomi dan juga sangat efektif untuk promosi pariwisata. Karena potensi menonjol yang dimiliki Bali adalah keindahan alam dan budaya,” terangnya. 

GFNY sebagai seri marathon olahraga sepeda berskala Internasional yang diadakan di 19 negara, dengan total 30.000 peserta per tahun yang terbagi menjadi kejuaraan regional di beberapa negara berbeda dan kejuaraan dunia di New York, Amerika Serikat. GFNY Indonesia merupakan bagian dari GFNY World Series yang sudah terselenggara sejak tahun 2016. 

Sejumlah peserta yang hadir dari seluruh Indonesia dan mancanegara, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Hongkong, Inggris, Prancis, Italia, AS dan beberapa negara lainnya. 

GFNY diharapkan mampu menggerakkan perekonomian Indonesia dan Bali pada khususnya. Peserta terbaik di ajang GFNY Bali 2022 akan diberangkatkan ke New York AS untuk mengikuti World Championship tahun 2023 mendatang. Untuk menambah semarak acara ini, digelar juga Bike Expo dari tanggal 5-7 Agustus di Gianyar. 012
 


TAGS :