Politik

Darmini- Swastika, Calon Pasutri Raih Suara Tertinggi di Karangasem

 Minggu, 03 Maret 2024 | Dibaca: 1245 Pengunjung

Foto: Pasutri Ni Kadek Darmini - I Wayan Swastika

www.mediabali.id, Karangasem. 

Perhelatan Pileg di Karangasem menciptakan sukses story bagi pasangan suami istri Ni Kadek Darmini dan I Wayan Swastika. Bagaimana tidak, dari hasil pleno, Pasutri yang diusung PDIP Karangasem ini dipastikan kembali lolos sebagai Anggota Dewan untuk ketiga kalinya secara bersama-sama. Bahkan, dari perolehan suara mereka berdua merupakan calon yang memperoleh suara tertinggi di Kabupaten Karangasem. Kadek Darmini yang maju ke DPRD Provinsi Bali meraih 34.747 suara dan Wayan Swastika yang maju ke DPRD Kabupaten Karangasem meraih 7.314 Suara.

Ni Kadek Darmini merasa senang dengan pencapainanya saat ini. Srikandi PDIP asal Banjar Dinas Juuklegi, Desa Duda Timur, Kecamatan Selat ini berterima kasih kepada masyarakat Karangasem yang sudah kembali menaruh kepercayaan untuk memilihnya. "Astungkara kepercayaan masyarakat akan saya pegang teguh dengan bekerja lebih keras lagi untuk kemajuan masyarakat Karangasem, ", Ujar Darmini saat dikonfirmasi, Minggu (2/3). Darmini yang terkenal dengan program Antar Jenasah tersebut menyampaikan tahun 2024 suaranya meningkat dari pileg 2019. "Meningkat lagi sedikit, 35 suara, " Ujarnya sambil tertawa. Disampaikan bahwa pada pileg tahun 2014 memperoleh suara 17.801, pileg 2019 memperoleh 34.712 suara, dan pada Pileg tahun 2024 ini memperoleh 34.747 suara.

Jumlah Suara Darmini tersebut merupakan perolehan suara tertinggi dari 6 calon lainnya yang juga lolos ke DPRD Provinsi Bali.  Putu Suryandanu Wiliyan Richart (PDIP) memperoleh 31.698 suara, I Nyoman Suyasa (Gerindra) mendapat 27.778 suara, I Komang Wirawan (Demokrat) mendapat 26.698 suara, I Gusti Ayu Mas Sumatri (Nasdem) mendapat 26.034 suara, Nyoman Oka Antara (PDIP) mendapat 23.136 suara, dan Ni Putu Yuli Artini (Golkar) mendapat 20.046 suara.

Sementara itu, Sang suami Wayan Swastika juga merasa bangga atas pencapaiannya saat ini. Berstatus sebagai ketua DPRD Karangasem aktif, tentu saja dirinya tidak ingin sekedar lolos. Terbukti Swastika mampu mendulang suara jumbo dengan memperoleh 7.314 suara di Dapil IV (kecamatan Selat, Rendang, Sidemen). Suara  itu tertinggi dari 44 calon lainnya yang lolos ke DPRD Karangasem. "Berkat dukungan masyarakat dan Tim saya kembali lolos, dan diprediksi mendapat suara tertinggi di Karangasem. " Terangnya.
Bahkan, dengan perolehan suara tinggi di Dapil IV mampu mendongkrak PDIP yang tahun 2019 mendapat dua kursi meningkat menjadi 4 Kursi pada pileg 2024. Suara yang diperoleh Swastika tersebut unggul dari Putra Mahkota Nasdem Gusti Ngurah Gede  Subagiarta (Gus Ode) yang meraih 7.048 suara. Juga unggul jauh dari Ni Kadek Yulita Shinta Dewi yang merupakan Anak dari Bupati Karangasem Gede Dana yang hanya memperoleh 4.070 Suara.

Naiknya pasutri Darmini-Swastika tentunya menjadi contoh keluarga politik yang patut ditiru. Kendati keduanya sibuk berpolitik, namun tetap menjaga hubungan harmonis keluarga terutama menjaga komunikasi dengan anak semata wayang mereka Gede Yoga Palguna yang saat ini masih kuliah di  Surabaya.  Dengan perolehan suara tertinggi ini, Darmini atau Swastika diprediksi akan dipilih sebagai calon Wakil Bupati Karangasem yang akan mendampingi Bupati Gede Dana untuk maju ke Dua Periode. Kita tunggu saja. Str

 


TAGS :