Bisnis

CIMB Niaga Adakan Program Nasional Kejar Mimpi Lokal Berdaya, Giatkan Potensi UMKM di Bali

 Jumat, 03 November 2023 | Dibaca: 250 Pengunjung

Pembahasan kegiatan 'CIMB Niaga Gelar Program Nasional Kejar Mimpi Lokal Berdaya’. Head of Emerging Business Banking CIMB Niaga Tony Tardjo (kedua kanan), Head of Region Indonesia Timur dan Bali Nusra CIMB Niaga Ahmad S. Ilham (tengah), Corporate Communic

www.mediabali.id, Denpasar. 

PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) kembali menyelenggarakan program nasional Kejar Mimpi Lokal Berdaya di Denpasar, Bali, pada Sabtu-Minggu, 4-5 November 2023. Sebelumnya CIMB Niaga diketahui sudah berhasil menyelenggarakan kegiatan serupa di Makassar (Sulawesi Selatan) dan Solo (Jawa Tengah).

Pengembangan bisnis Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) didukung serius CIMB Niaga, dengan memberikan kesempatan untuk mendapatkan mentoring bisnis bersama para ahli, memperluas jaringan dengan sesama entrepreneur dan mentor bisnis, serta menampilkan produknya agar dikenal pasar yang lebih luas.

Ahmad S. Ilham selaku Head of Region Indonesia Timur & Bali Nusra CIMB Niaga mengatakan bahwa Kota Denpasar dipilih sebagai kota ketiga penyelenggaraan Kejar Mimpi Lokal Berdaya karena memiliki potensi pengembangan UMKM yang tinggi. Hal terkait sejalan dengan kembali bangkitnya industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Bali dan wilayah di sekitarnya.

“Kami melihat perkembangan UMKM merata hingga ke seluruh Indonesia, termasuk di Bali. Banyak sekali usaha kecil baik di kota besar maupun kecil yang memiliki potensi untuk berkembang dan menjadi lebih besar. Di samping itu, sektor UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian nasional. Oleh karena itu, pengembangan sektor UMKM menjadi salah satu prioritas yang perlu didukung oleh perbankan, termasuk CIMB Niaga,” ujad Ilham melalui Media Gathering Kejar Mimpi Lokal Berdaya di Denpasar, Bali, Jumat (3/11/2023) siang.

Senada diutarakan Brand Strategy & Experience Head CIMB Niaga Muhamad Firdaus Andjar bahwa sebagai wujud dukungan nyata untuk pengembangan para pengusaha UMKM, CIMB Niaga berinisiatif menyediakan wadah bagi para entrepreneur lokal untuk menambah wawasan, mengasah strategi, dan manajemen bisnis melalui Kejar Mimpi Lokal Berdaya.

“Melalui Kejar Mimpi Lokal Berdaya kami ingin berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan para pelaku UMKM di Bali. Setelah mengikuti kegiatan ini, kami berharap lebih banyak pengusaha UMKM yang terinspirasi dan terus tertantang untuk mengembangkan bisnisnya agar semakin berdaya dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar. Kedepannya kami mengajak para pelaku UMKM di Bali untuk mengikuti beragam talkshow, workshop, dan mentoring bersama para business expert di Kejar Mimpi Lokal Berdaya,” kata Firdaus.

Hadirkan rangkaian edukasi bisnis selama dua hari, Kejar Mimpi Lokal Berdaya menghadirkan talkshow, workshop, mentoring bisnis, dan networking bersama para pakar dan praktisi bisnis yang dapat diikuti tanpa biaya oleh masyarakat dan para penggiat bisnis UMKM.

Menariknya pula, acara ini dihadiri oleh pembicara handal, salah satunya adalah Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia Bintang Puspayoga sebagai wujud dukungan kepada para pengusaha UMKM, utamanya dari kalangan perempuan.

Acara dimulai pada Sabtu 4 November 2023 dengan talkshow dan business review bertema 'Saatnya Bisnis Lokal Menuju Global' bersama Founder UMKM Eksporter Indonesia Dewi Ekha.

Dilanjutkan dengan tema 'Bikin Strategi Bisnis yang Unik untuk Performa Bisnis yang Ciamik' dengan narasumber Pengusaha dan Tokoh Masyarakat Bali Ni Luh Djelantik.

Tema lain juga diulas yaitu: 'Makin Cuan Lewat Strategi Produk yang Relevan' bersama pembicara Founder @Butterman.id Agung Bagus Pratiksa Linggih dan Junior CEO Joger Armand Setiawan.

Pada hari berikutnya, Minggu 5 November 2023, Kejar Mimpi Lokal Berdaya akan menyajikan mentoring dan business review 'Tips Kreatif Beriklan Biar Makin Banyak Orderan' dengan narasumber Creative Strategist Meta Ancilla Marcelina.

Selain talkshow, workshop, mentoring sekaligus networking tersebut, Kejar Mimpi Lokal Berdaya juga menghadirkan keseruan lain, yaitu pameran produk lokal dengan berbagai promo menarik dan hiburan dari penyanyi ternama dari Bali, yaitu Jun Bintang.

Dalam rangkaian Kejar Mimpi Lokal Berdaya di Denpasar, CIMB Niaga juga bekerjasama dengan Utama Spice, perusahaan perawatan kulit tradisional yang didirikan oleh Ria Templer pengusaha perempuan dari Ubud, Bali.

CIMB Niaga memberikan kesempatan kepada Utama Spice untuk memasarkan produknya dalam acara ini dan mendukung pembuatan video untuk promosi sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

Hal ini juga merupakan wujud dukungan CIMB Niaga kepada pengusaha perempuan untuk terus maju.

Seperti diketahui, Kejar Mimpi Lokal Berdaya merupakan perluasan dari Kejar Mimpi Berani Bisnis yang merupakan bagian dari gerakan Kejar Mimpi untuk segmen entrepreneur.

Sebelumnya Kejar Mimpi Berani Bisnis telah hadir sejak 2021 dengan berbagai event online, seperti Berani Bisnis Fest dan Ngobiz. Kini, melalui Kejar Mimpi Lokal Berdaya CIMB Niaga terus menjangkau para pelaku UMKM di luar Jakarta.

Fokus utama dari Kejar Mimpi Lokal Berdaya adalah untuk mengembangkan potensi UMKM yang tersebar di seluruh Indonesia.

Dukungan CIMB Niaga kepada para pengusaha UMKM tentunya tak hanya dilakukan melalui kegiatan-kegiatan tersebut, lebih dari itu CIMB Niaga juga siap menjadi financial partner bagi para pengusaha UMKM di daerah dalam mengembangkan bisnisnya.

CIMB Niaga memiliki produk dan layanan yang lengkap untuk para pengusaha UMKM mulai dari pinjaman rekening koran XTRA Manfaat, tabungan/giro (Giro Kartini dan Usaha), hingga layanan pengelolaan keuangan secara digital melalui BizChannel@CIMB.

“Dukungan optimal tersebut sejalan dengan aspirasi CIMB Niaga untuk menjadi bank pilihan para pengusaha dan nasabah di Indonesia. Dengan hadir langsung ke daerah-daerah, kami berharap CIMB Niaga dapat lebih dekat dan menjadi solusi finansial untuk mewujudkan mimpi para pengusaha lokal di Indonesia,” tutur Firdaus.

Tentang CIMB Niaga
CIMB Niaga adalah bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia yang didirikan dengan nama Bank Niaga pada tahun 1955. Sekitar 92,5% saham CIMB Niaga (termasuk yang dimiliki oleh PT Commerce Kapital sebesar 1,02%) dimiliki oleh CIMB Group.

CIMB Niaga menawarkan produk dan layanan perbankan lengkap baik konvensional maupun Syariah meliputi segmen usaha Consumer Banking, Emerging Business Banking (EBB)/Small Medium Enterprise (SME), Commercial Banking, dan Corporate Banking didukung kapabilitas Treasury dan Capital Market, serta digital banking terdepan melalui OCTO Mobile, OCTO Clicks, OCTO Pay, BizChannel@CIMB, dan BizChannel@CIMB Mobile.

Mengusung brand promise Kejar Mimpi, CIMB Niaga berkomitmen menjadi partner terbaik dan Bank of Choice bagi seluruh segmen masyarakat dalam mewujudkan mimpi-mimpinya.

Sebagai bank yang peduli dengan bumi dan generasi masa depan, CIMB Niaga konsisten mengimplementasikan keberlanjutan (sustainability) dalam menjalankan usahanya melalui sinergi aspek lingkungan hidup, ekonomi, sosial dan tata kelola ke dalam proses perbankan. Dengan semangat Anda #YangUtama, CIMB Niaga terus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah.

Per 30 September 2023, layanan CIMB Niaga didukung dengan 11.876 karyawan (konsolidasi), 411 kantor cabang & jaringan (termasuk 36 digital lounges), 3.952 ATM & CRM, serta 469.790 EDC dan QR yang tersebar di berbagai kota di Indonesia.

CIMB merupakan salah satu kelompok usaha perbankan terkemuka di ASEAN sekaligus perusahaan penyedia jasa keuangan terbesar kedua di Malaysia.

Saham tercatat di Bursa Malaysia melalui CIMB Group Holdings Berhad, kelompok usaha ini memiliki nilai kapitalisasi pasar yang mencapai USD12,3 miliar per 30 September 2023.

Produk dan jasa yang ditawarkannya mencakup produk dan jasa perbankan konsumer, komersial, wholesale, transaction banking, Syariah, serta pengelolaan aset dan asuransi.

CIMB Group berkantor pusat di Kuala Lumpur, dan beroperasi di 8 negara anggota ASEAN (Malaysia, Indonesia, Singapura, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar, dan Filipina).

Selain di kawasan ASEAN, CIMB Group mendirikan pula kantor di China, Hong Kong, India, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Inggris. 012


TAGS :