Lingkungan

Wujudkan Pesisir Kuta Bersih, Hotel Mercure Kuta Beach Lepas Tukik Bersama Wisman dan Wisdom

 Selasa, 16 Agustus 2022 | Dibaca: 431 Pengunjung

Mercure Kuta Beach Bali melakukan aksi nyata bersih-bersih dan melepas tukik di lingkungan Pantai Kuta, Selasa (16/8/2022).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Momentum Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia, dirayakan Mercure Kuta Beach Bali, Badung dengan menggelar aksi kebersihan bersama tamu wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara (Wisdom-Wisman) di lingkungan pesisir Kuta.

Aksi kebersihan bersama karyawan-karyawati Mercure Kuta Beach, dengan mengusung bakti terhadap peduli lingkungan. Hal ini pula menjadi komitmen Mercure Kuta dalam Program Corporate Social Response (CSR) Accor Group, yaitu Plant For The Planet dan mendukung pemerintah di dalam persiapan jelang G20.

“Kami kampanye ke masyarakat lokal untuk berhenti menggunakan plastik sekali pakai dan berhenti menangkap atau mengkonsumsi tukik,” ujar Made Pantri Arini selaku Manager Mercure Pantai Kuta, Selasa (16/8/2022).

 

Baca juga:
Undiksha Libatkan 3616 Mahasiswa Baru dalam PKKMB 2022/2023   

Diketahui Mercure Kuta yang memiliki 130 kamar ini selalu melakukan inovasi dan renovasi dalam perkembangannya, terlebih Mercure Kuta telah memiliki sertifikat Cleanliness, Health, Safety, and Sustainable Environment (CHSE). Arini mencatat persentase kunjungan di Mercure Kuta, untuk wisatawan domestik 80% dan asing 20%.

Arini menekankan terhadap program Planet 21 sangat relevan terhadap konsep hidup yang diusung oleh Pemprov Bali, secara Tri Hita Karana.

“Melalui konsep Tri Hita Karana kami menjaga keseimbangan dengan Tuhan, alam lingkungan, dan manusia,” ucapnya.

Baca juga:
Kibarkan Bendera Jambore Nasional XI, Gede Danu Kartikeya Buat Bangga Pramuka Bali   

Melalui lingkungan hidup turut difokuskan, seperti penanaman pohon di Kuta dengan bekerjasama dengan BKSDA dan LPM Kuta, lalu disusul juga pelepasan 77 ekor tukik bekerjasama dengan Konservasi Penyu Desa Adat Kuta di Pantai Kuta. Pelepasan tukik menjadi amat penting, karena keberadaan penyu sekaligus pula menjaga ekosistem di perairan laut. 

“Dimana kami berharap penyu yang bermigrasi ke Pantai Kuta dapat semakin banyak, termasuk lingkungan di pesisir Kuta terus membaik dan bersih. Sebab tukik tidak mau bertelur di tempat yang kotor, penyu juga setia untuk bertelur di satu tempat dan tahun kedepannya mereka akan bertelur di tempat semula,” terangnya tegas.

Pihaknya sekaligus melakukan Beach Cleaning di Pantai Kuta, yang sekaligus sebagai wujud komitmen dan karena penyu-penyu yang akan bertelur sangat menyukai pantai yang bersih. 

“Kami melakukan kampanye No Single Use Plastic, sebab kini Accor Group komitmen dan berhenti menggunakan plastik sekali pakai di hotel-hotel di bawah naungan Accor. Salah satu konsep lainnya adalah Go Green, jika hotel menerapkan Go Green maka para customer pasti suka untuk tinggal di sana,” tuturnya.

Pihaknya kembali menekankan supaya masyarakat berhenti menangkap dan mengkonsumsi penyu, tidak membuang sampah plastik sembarangan yang dapat merusak ekosistem terumbu karang dan ikan-ikan yang ada di bawah laut. 

Dari segi lingkungan sosial dan ekonomi, Mercure Kuta menjalin komunikasi antar masyarakat dengan adanya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Oleh karenanya sekaligus mendorong pergerakan ekonomi dari tingkat bawah dalam kondisi pandemi.

“Untuk UMKM lokal, kami mengadakan Bazar di areal hotel, dimana para tamu dan wisatawan dapat membeli produk-produk di masyarakat,” tegasnya. 012


TAGS :