Pendidikan

Undiksha Libatkan 3616 Mahasiswa Baru dalam PKKMB 2022/2023  

 Senin, 15 Agustus 2022 | Dibaca: 560 Pengunjung

Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., memberi sambutan dan motivasi bagi 3616 peserta PKKMB di lingkungan Undiksha, Kota Singaraja, Bali Utara, Senin (15/8/2022).

www.mediabali.id, Buleleng. 

Ribuan mahasiswa-mahasiswi baru di lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha, Kota Singaraja, Bali Utara, menggelar kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2022/2023, dengan tema ‘Mewujudkan Ganesha Muda yang Cerdas, Mandiri, Adaptif, dan Tangguh’. 

Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., memberikan motivasi dan sambutan terhadap 3616 peserta PKKMB di lapangan upacara Kampus Undiksha di Jalan Udayana, Kota Singaraja. Lebih dari itu, PKKMB kali ini menjadi spesial karena dilakukan secara luring dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). 

Tercatat 3616 peserta PKKMB, mereka berasal dari berbagai program studi (Prodi) di delapan fakultas, diantaranya: Fakultas Bahasa dan Seni, Fakultas Teknik dan Kejuruan, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Ilmu Pendidikan, Fakultas Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Fakultas Ekonomi, dan terakhir Fakultas Kedokteran.

Rektor Undiksha Prof. Nyoman Jampel mengatakan PKKMB Tahun 2022 supaya mampu memberi pengalaman dan pengetahuan terhadap kalangan mahasiswa/i baru. Para peserta PKKMB agar dapat mengikuti pemaparan materi dari para pembicara yang memiliki reputasi dan kompetensi di bidang masing-masing.

“Secara pribadi saya juga berharap, melalui kegiatan PKKMB ini dapat menjadi salah satu wahana untuk mempromosikan Undiksha kepada masyarakat luas melalui media digital atau sosial media,” ucap Prof. Nyoman Jampel didampingi para Wakil Rektor, Senin (15/8/2022).

Baca juga:
Akademisi Perguruan Tinggi Persiapkan Diri Hadapi Tantangan Era Disrupsi   

Pihaknya menambahkan berbagai capaian yang membanggakan di tingkat nasional dari Undiksha, terutama selama dua tahun terakhir. Hal ini terbukti dari Tahun 2021, masuk peringkat 13 nasional pada Sistem Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (Simkatmawa), juga memperoleh penghargaan terbaik pertama untuk Nilai Kinerja Anggaran dan juga terbaik ketiga untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Disusul pada Tahun 2022, versi webometrics Undiksha berhasil masuk ke peringkat 35 di Indonesia dan peringkat I di Bali, serta dalam evaluasi pencapaian IKU 2021, Undiksha berada pada peringkat 8 dari 33 PTN BLU. 

Pada Tahun 2021 dan 2022, Undiksha berada di peringkat 11 nasional sesuai pemeringkatan Scimago Institution Ranking. Beragam penghargaan tingkat nasional dan internasional turut dicapai para mahasiswa-mahasiswi Undiksha. 

“Saya selalu mendorong mahasiswa untuk ikut menggali dan menunjukan potensi diri untuk meraih prestasi yang setinggi-tingginya baik di bidang akademik maupun non-akademik, baik ditingkat nasional maupun internasional,” katanya. 

Bagi Prof. Nyoman Jampel, seluruh prestasi yang diraih adalah buah kerjasama seluruh civitas akademika Undiksha. Hal ini juga menjadi barometer terhadap civitas akademika Undiksha supaya terus meraih prestasi dan kinerjanya dapat semakin diintensifkan, baik bidang akademik dan non akademik dalam membawa Undiksha sebagai universitas yang unggul dan berdaya saing tinggi. “Saya sebagai Rektor akan mendukung sepenuhnya baik secara moral maupun materiil,” terangnya.

Lebih dari itu, dalam menghadapi berbagai tantangan ke depan, terutama era revolusi industri 4.0, maka Undiksha semakin berkomitmen untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul dan kompetitif. 

Selama menjalani proses pendidikan, mahasiswa memperoleh kemampuan critical thinking, creative thinking, collaboration, communication, compassion dan computational thinking. Maka ‘Enam C” dimaksud merupakan modal utama bagi lulusan Undiksha saat memasuki dunia nyata dalam meraih pekerjaan. 

“Ya ini disebabkan kita tidak tahu, pekerjaan apa yang akan tersedia 5 atau 10 tahun ke depan. Tantangan apa yang akan kita hadapi di depan,” tegas Rektor kelahiran 1959 ini. 

Untuk diketahui, proses PKKMB akan digelar hingga 22 Agustus 2022, Undiksha pun melarang aksi-aksi perpeloncoan. PKKMB digelar selalu mengedepankan keharmonisan sesuai implementasi falsafah Tri Hita Karana, menjaga solidaritas, dan sikap saling menghormati. 012


TAGS :