Teknologi

Sambut Idul Fitri 1445 H, 657 Personel PLN di Bali Siaga Keandalan Listrik

 Sabtu, 06 April 2024 | Dibaca: 338 Pengunjung

Tampak Apel Siaga Pasukan PLN UID Bali, dalam persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Sabtu (6/4/2024).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Apel Siaga Pasukan dilakukan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Bali, dalam rangka persiapan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1445 H, Sabtu (6/4/2024).

Persiapan pasukan dilangsungkan dalam apel yang digelar di Kantor PLN UID Bali. Hal ini untuk memastikan keandalan listrik dan kecukupan pasokan aman selama Libur Idul Fitri.

Selain itu, apel siaga kelistrikan PT PLN Persero UID Bali juga diikuti secara virtual apel siaga PT PLN Kantor Pusat yang dipimpin langsung oleh Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo.

Usai memimpin apel di Denpasar, General Manager PT PLN (Persero) UID Bali I Wayan Udayana mengatakan ia telah menyiapkan 657 personel untuk menjaga keandalan pasokan listrik pada 69 posko siaga dan 3 posko mudik lebaran yang tersebar di seluruh di wilayah kabupaten/kota di Bali. Keberadaan posko ini mulai dibuka pada 3 Hingga 19 April 2024.

Kemudian, PLN turut hadir di setiap titik kegiatan prioritas masyarakat, seperti tempat ibadah, pelabuhan, bandara, stasiun, terminal, rumah sakit, dan obyek vital lainnya.

"Di Bali sendiri kami sampaikan sistem kelistrikan dalam kondisinya sangat aman dan andal,” ucap Udayana.

Mengenai daya mampu kelistrikan di Bali pada Idul Fitri Tahun 2024 ini diprediksi mencapai 1.371 Mega Watt (MW) dengan beban puncak 822 MW.

“Maka itu, cadangan listrik di Bali masih ada sekitar 549 MW atau 40 persen,” katanya.

Ditegaskan Udayana bahwa tidak hanya memastikan cadangan daya yang cukup, PLN turut memastikan secara end to end. Pasokan energi primer setiap pembangkit dalam kondisi di atas angka aman.

"Pada hari operasi (HOP) Batu bara pembangkit rata-rata di atas 16 HOP, begitu juga dengan gas dan BBM dalam kondisi aman," imbuhnya.

Guna menjaga keandalan di setiap titik lokasi, para personel dibekali dengan peralatan dan armada pendukung, Uninterruptible Power Supply (UPS) mobile dan portable, Unit Gardu Bergerak (UGB), Unit Kabel Bergerak (UKB), Genset, kendaraan pendukung termasuk kendaraan pelayanan teknik dan kendaraan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PdKB), beserta material cadangan.

Hal penting lainnya, mendukung operasional kendaraan listrik PLN UID Bali juga menyediakan 76 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di 30 lokasi di Bali. PLN memberikan kemudahan mengecek lokasi SPKLU melalui aplikasi PLN Mobile.

Terhadap pengguna kendaraan listrik yang ingin mengisi daya, tinggal buka aplikasi PLN Mobile, kemudian pilih fitur electric vehicle, lalu pilih SPKLU. Di situ akan ditampilkan sejumlah SPKLU yang terdekat dan aktif dengan lokasi pengguna mobil listrik atau menghubungi hotline 087771112123 sehingga diharapkan perjalanan mudik dapat berlangsung dengan nyaman. 012


TAGS :