Lingkungan

Klungkung Gagal Kelola Sampah, TPA Ditutup Akibat Overload

 Selasa, 12 Desember 2023 | Dibaca: 1023 Pengunjung

www.mediabali.id, Klungkung. 

Tidak ada tempat pembuangan akhir sampah di Kabupaten Klungkung pasca ditutupnya TPA Sente, Kecamatan Dawan akibat terjadi overload. Sementara itu Klungkung sampai saat ini belum dapat mengolah seluruh sampah rumah tangga. Hal ini menggambarkan gagalnya pengelolaan sampah di Klungkung yang sampai saat ini belum ada solusinya.

 

Pantauan wartawan MediaBali Selasa (12/12) tumpukan sampah menggunung di TPA Sente sampai menutup akses masuk ke lokasi tersebut. Truk sudah tidak bisa lagi masuk ke TPA apalagi untuk membuangnya. Akibat kondisi tersebut TPA Sente ditutup dan tidak lagi menerima limpahan sampah dari daerah mana pun.

 

Sebenarnya TPA Sente ini telah ditutup secara resmi pada tanggal 28 Desember 2017 melalui Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Klungkung Nomor: 6602/1732/DLHP perihal Penutupan TPA Sente dan Launching TOSS. Namun pembuangan sampah tetap saja dilakukan oleh dinas terkait dikarenakan tidak semua sampah dapat diolah di TOSS. Sementara itu desa-desa yang belum mampu mengolah sampah secara mandiri juga membuang sampah di TPA tersebut.

 

Bagaikan bom waktu sampah terus menumpuk hingga menggunung tanpa adanya solusi untuk mengolah sampah yang ada di TPA Sente. Hingga pada akhir kepemimpinan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, TPA Sente ditinggalkan begitu saja dalam kondisi overload. Akhirnya masalah TPA Sente ini pun ditutup permanen oleh Plt Bupati Klungkung I Made Kasta. Dalam kepemimpinannya selama 42 hari akhirnya dapat merealisasikan permohonan tokoh masyarakat Desa Pikat, Dawan untuk menutup TPA Sente.

 

Setelah melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat Desa Pikat, Made Kasta langsung memerintahkan Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamanan (DLHP) Klungkung untuk tidak lagi membuang sampah di TPA Sente. Sampah pun dipusatkan untuk diolah di TOSS Center. 

 

Saat ini alat berat terus disiagakan untuk meratakan tumpukan sampah. Dua alat berat bekerja keras menggaruk sampah untuk mengembalikan lagi akses masuk ke dalam TPA Sente. "Perda yang mengatur tentang pengelolaan sampah di Klungkung sudah ada, sekarang apakah perda ini sudah ditegakkan? Satpol PP saya minta ini ditegakkan lagi, kalau ada melanggar dengan tidak memilah sampah, kenakan sanksi," terang Made Kasta. 007

 

 

 


TAGS :