Politik

Gibran Tampil Menawan di Debat Cawapres, Politisi PSI Bali Adi Susanto Beri Angka 10-0

 Sabtu, 23 Desember 2023 | Dibaca: 217 Pengunjung

Foto Ist: Tiga Cawapres telah menunjukan kualitas debatnya masing-masing melalui jawaban-jawaban yang disampaikan ke publik tanah air, Jumat (22/12/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Debat Calon Wakil Presiden (Cawapres) Perdana Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, akhirnya mempertemukan Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar, Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, dan Cawapres nomor urut 3 Mahfud MD, Jumat (22/12/2023).

I Nengah Yasa Adi Susanto, SH., MH., selaku Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Bali, mengatakan penampilan debat ketiga Cawapres memiliki cara pandang masing-masing, sesuai pertanyaan yang diajukan panitia. Namun, bila dicermati, Gibran Rakabuming mampu tampil gemilang dengan jawaban-jawaban yang tepat dan memberikan kesan percaya diri tinggi.

"Mencermati pemaparan ketiga calon, kita sangat gembira karena Cawapres kami dari Koalisi Indonesia Maju (KIM), yang selama ini diragukan ternyata tampil sangat cemerlang, itu prediksi kami Mas Gibran tampil dengan peforma sangat maksimal atas visi misi yang akan disampaikan," ujar Jro Ong yang juga Advokat atau Praktisi Penempatan PMI ke luar negeri dan juga selaku Caleg DPRD Bali Dapil Kota Denpasar ini, Sabtu (23/12/2023).

Lanjut Jro Ong, salah satunya Cawapres Gibran Rakabuming Raka, dianggap sudah dapat menyampaikan ke publik tanah air apabila akan melanjutkan program-program yang sudah berjalan. 

"Hal itu dengan pendekatan, kestabilan dan konsistensi, sebagaimana sering dilakukan Presiden RI Joko Widodo. Percepatan program-program yang sudah ada akan dilakukan Mas Gibran, di mana fokusnya adalah hilirisasi. Yang mana hilirisasi tidak saja di sektor Nikel, tapi juga pertanian, perikanan, digitalisasi dan lainnya," papar Jro Ong, tokoh politik Bali yang sudah beberapa kali bertatap muka dan berdiskusi dengan Presiden RI Jokowi ini.

Ia menambahkan strategi politik diusung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, tentu telah jelas bagaimana memanfaatkan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk dapat menaikan perekonomian masyarakat Indonesia, yang bertujuan menciptakan lebih banyak lapangan pekerjaan.

"Mas Gibran juga berkomitmen menurunkan pengangguran dan tingkat kemiskinan. Jadi beliau benar-benar memahami apa yang diperlukan rakyat," ucapnya.

Menariknya, dalam memaparkan visi misi, Gibran Rakabuming Raka juga tidak membaca teks, berbeda dengan Pasangan Calon (Paslon) lain.

"Termasuk di akhir statement, mas Gibran juga menyatakannya secara gamblang. Berbeda dengan Paslon lainnya, Nomor 1 dan 3, closing statementnya seperti mambaca pidato. Jadi, intinya mas Gibran yang di underestimate, dia membuktikan tampil memukau. Ini menang telak 10-0 untuk mas Gibran," tandasnya.

Jro Ong sangat mengapresiasi ajang debat yang berhasil ditampilkan Gibran, sebab paslon lain ada ditanya istilah-istilah diajang debat banyak yang tidak tahu.

"Istilah-istilah yang tidak diketahui Paslon lain, itu jelas menampar muka mereka sendiri. Jadi, kita jangan menganggap remeh mas Gibran," tegasnya. 012
 


TAGS :