Pendidikan

BBDC dan BRI Regional Office Denpasar Gaungkan Donor Darah Dirangkai HUT Sumpah Pemuda

 Sabtu, 28 Oktober 2023 | Dibaca: 297 Pengunjung

Lentera donor darah sebagai budaya yang terus dihidupkan Drs. Ngurah Agung Mulyahartha, lewat aksi BBDC bersama BRI Regional Office Denpasar, Sabtu (28/10/2023) di Arshika Bali Sunset Road, Badung.

www.mediabali.id, Badung. 

Wujud sosial ditunjukkan kembali Drs. Ngurah Agung Mulyahartha, karena kembali dapat melaksanakan aksi donor darah di Bali.

Salah satunya melalui Bali Blood Donor Community (BBDC) bersama BRI Regional Office Denpasar, dengan menggelar kegiatan donor darah pada Sabtu (28/10/2023) di Arshika Bali Sunset Road, Badung.

Rangkaian kegiatan donor darah ini dilakukan dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda Ke-95, yang mengambil tajuk 'Donor Darah sebagai Gaya Hidup Sehat dengan Semangat Sumpah Pemuda'.

Terakhir tercatat ada sebanyak 163 orang yang sudah mendaftar dalam melakukan donor darah. Namun, yang berhasil melakukan donor setelah melakukan cek kesehatan sebanyak 123 orang. Sedangkan, 40 orang lainnya gagal disebabkan kondisi kesehatan baik tensi, dan Hb-nya tinggi atau rendah.

Diutarakan Ngurah Agung Mulyahartha bahwa BBDC beranggotakan 150 orang yang aktif melakukan donor whole blood dan donor apheresis

“Kami sesama anggota ada ikatan dalam suka maupun duka. Komunitas ini juga sekaligus merupakan bentuk tali kasih apabila ada salah satu anggota yang sakit atau meninggal,” ucap Mulyahartha.

Mengenai tema setetes darah menyambung nyawa ini, melakukan kegiatan donor dengan sukarela tanpa berharap imbalan. Di mana siapa saja dapat memberikan bantuan darahnya bagi warga masyarakat yang membutuhkan.

“Namun kami sangat menghargai niat baik para dermawan yang memberikan bingkisan sebagai ucapan tanda terima kasih kepada pendonor,” kata Mulyahartha yang sudah pernah mendapatkan Satya Lencana Sosial dari Presiden Jokowi pada Tahun 2017 itu.

Selanjutnya, Regional CEO BRI Denpasar Recky Plangiten sangat mengapresiasi kegiatan kemanusiaan yang dilakukan BBDC. Kegiatan ini pun sejalan dengan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dari BRI di bidang sosial. 

Recky Plangiten menilai dengan bertepatan atas Hari Sumpah Pemuda, maka terselenggaranya donor darah dimaksud dapat membangkitkan semangat kemanusiaan antar sesama untuk saling membantu donor darah dan sosial lainnnya 

“Diketahui kegiatan ini selaras dengan tujuan perusahaan untuk menciptakan keberlangsungan hidup yang sehat dan berkelanjutan bagi semua pihak dengan semangat BRI melayani nasabah,” terangnya.

Diungkapkan Ketua PDDI Bali Ketut Pringgantara turut memberi apresiasi atas kegiatan donor darah bersama Bank BRI. PDDI BBDC sudah membangun pondasi donor darah dan merekrut pendonor pemula, sehinggga tanggung jawab berupa moralitas yang kuat utamanya kepada pendonor untuk terus menghidupkan lentera donor darah.

"Seluruh pendonor agar dapat menghidupkan terus lentera donor darah sekaligus menjadikan donor darah sebagai budaya bangsa,” demikian tandasnya. 012


 


TAGS :