Peristiwa

Apel Peringatan  Hari Puputan ke 115 dan HUT Kota Semarapura ke 31

 Jumat, 28 April 2023 | Dibaca: 324 Pengunjung

www.mediabali.id, Klungkung. 

Pemerintah Kabupaten Klungkung memperingati Hari Puputan Klungkung ke 115 dan HUT Kota Semarapura ke 31 dengan melaksanakan apel di Alun Alun Ida Dewa Agung Jambe, Jumat (28/4). Peringatan tahun ini mengusung tema " Semangat Kepahlawanan  Menginspirasi Pembangunan yang Berkeadilan Demi Terwujudnya Klungkung Yang Unggul dan Sejahtera".

Selaku pemimpin upacara Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta dan turut dihadiri oleh Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Anggota DPRD Klungkung ASN dilingkungan Pemkab Klungkung, TNI dan Polri, Organisasi masyarakat serta siswa sekolah.

Gubernur Bali dalam amanatnya yang dibacakan Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyampaikan selamat Hari Puputan ke 115 dan HUT Kota Semarapura ke 31. Peringatan ini bukan sekedar seremonial belaka namun mometum untuk introspeksi diri dan merencanakan pembangunan yang lebih baik demi terwujudnya masyarakat Klungkung yang mandiri, sejahtera, berdaya saing berpandangan Tri Hita Karana sebagai bagian dari masyarakat Bali Era Baru.

 

Kegiatan Apel Peringatan Hari Puputan Klungkung ke 115 dan HUT Kota Semarapura ke 31 kali ini juga diisi dengan penyerahan piala kepada pemenang lomba lomba. Serta pementasan Drama Kolosal Perang Puputan Klungkung yang dibawakan oleh siswa siswa SMAN 2 Semarapura. Dalam drama ini dikisahkan terjadinya perang bersejarah pada 28 April 1908. Dimana raja klungkung Ida Dewa Agung Jambe, memimpin perlawanan melawan penjajah Belanda bersama 3000 pasukannya. Dalam perang yang dinamakan Perang Puputan Klungkung ini semua gugur dimedan pertempuran. 007


TAGS :