Peristiwa

Presiden Putin dan Zelensky Absen di KTT G20  

 Kamis, 10 November 2022 | Dibaca: 524 Pengunjung

Menko Marves RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan memastikan Presiden Rusia dan Ukraina tidak hadir di KTT G20, Kamis (10/11/2022).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Soal kehadiran Presiden Rusia Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, pemimpin kedua negara ini memberikan sinyal absen alias tidak hadir ke Presidensi KTT di Nusa Dua, Bali Selatan, pada 15-16 November 2022.   

Presiden Rusia dan Ukraina sama-sama sebelumnya telah diundang Presiden Joko Widodo, untuk hadir ke Presidensi KTT G20. Sayangnya, sepekan sebelum KTT G20 dimulai, mereka memastikan diri tidak hadir. Sebab, dipicu dominasi ketegangan atas invasi Rusia ke Ukraina.   

Menko Marves RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan pun memastikan bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, tidak hadir dalam pertemuan Presidensi KTT G20.   

“Saya kira secara resmi sudah diberitahu, Presiden Rusia tidak datang, tetapi saya pikir Presiden Jokowi sudah memberi tahu dan menelpon Presiden Putin. Sebagai Ketua G20, Bapak Presiden tentu ingin mengakomodasi semua (Kepala Negara), beliau berkomunikasi dengan semua pemimpin. Saya kira itu yang terjadi dan yang terbaik untuk kita semuanya,” ujarnya, Kamis (10/11/2022) di Command Center Polda Bali. 

Diperkirakan Presiden Rusia Vladimir Putin akan diwakili Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov dalam KTT G20. Dari itu pula, Menko Marves Luhut sebagai Ketua Bidang Dukungan Penyelenggaraan Acara G20. “Ya mungkin karena ada kesibukan Presiden Putin di dalam negerinya,” katanya. 

Sedangkan, disinggung ketidakhadiran Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky diperkirakan karena memiliki kesibukan yang tidak dapat ditinggalkan, sehingga undangan Presiden Jokowi diwakilkan Menteri terkait Ukraina. 

“Sama juga mereka berdua (Presiden Rusia dan Presiden Ukraina-red), mereka juga mempunyai kesibukan. Tetapi, Presiden sudah melaksanakan fungsinya sebagai Ketua G20, untuk melakukan komunikasi dan mencoba membuat perdamaian. Pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan Presiden Biden (Presiden AS Joe Biden-red), serta Presiden China Xi Jinping, dan negara lainnya yang diatur dalam dan dijembatani oleh Presiden Jokowi menunjukan suatu leadership di Presidensi G20. Sampai hari ini ada 17 Kepala Negara yang akan hadir,” terangnya. 

Diketahui bahwa Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20, menolak adanya tekanan dari negara-negara Barat dan Ukraina untuk menarik undangannya kepada Putin dari KTT. 

Bahkan, Indonesia menolak untuk mengeluarkan Rusia dari kelompok G20 atas perang di Ukraina, dengan mengatakan tidak memiliki wewenang untuk melakukannya tanpa konsensus diantara anggota. 012


TAGS :