Peristiwa

Menko Marves Luhut Pandjaitan Ajak Gelorakan Indonesia di G20 sebagai Bangsa Besar  

 Kamis, 10 November 2022 | Dibaca: 320 Pengunjung

Menko Marves RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, menilai keamanan dan persiapan mendekati Presidensi G20, telah rampung 100%, Kamis (10/11/2022).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) RI Jenderal TNI (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan, mengisyaratkan bahwa penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Presidensi G20, pada 15-16 November 2022 merupakan harkat dan martabat bangsa. 

Ia menekankan seluruh komponen keamanan TNI-Polri, Pemerintah, dan masyarakat tanah air untuk bersatu padu menyukseskan hajatan yang melibatkan 20 negara-negara besar di dunia. 

“Tunjukkanlah bangsa ini adalah bangsa yang besar, bangsa yang mampu mengatur dirinya, bukan bangsa ecek-ecek. Saya ingatkan itu, kita ini bukan bangsa yang ecek-ecek, kita adalah bangsa besar yang mampu menyelesaikan masalahnya sendiri,” tegas Luhut, usai melakukan komunikasi dan koordinasi didampingi Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa SE., MA., M.Sc., M.Phil., Ph.D., Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., serta Kapolda Bali Irjen Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, S.H., M.Si., Kamis (9/11/2022) di Command Center Polda Bali.

Luhut mengajak generasi muda dan masyarakat supaya membantu pemerintah dengan menjaga ketertiban jelang KTT G20. Ia turut berpesan jangan sampai muncul niatan atau tindakan yang berujung melecehkan bangsa Indonesia, terlebih mendekati KTT G20. 

“Saya ingin titip buat semuanya, jangan kau lecehkan bangsamu. Kau harus hormati dan bangsa menjadi orang Indonesia,” imbuh Luhut kelahiran Toba Samosir, Sumatera Utara, 28 September 1947 ini. 

Luhut menilai persiapan G20 sudah mencapai 100%, hanya saja terkait keamanan dia tetap melakukan koordinasi bersama TN-Polri mendekati penyambutan pimpinan delegasi. 

“Saya kira (persiapan G20-red) sudah mencapai 100%, kita sudah siap. Di mana Jenderal Sigit dan Jenderal Andika, semuanya saya kira sudah siap. Kita berdoa tentu yang terbaik Tuhan berikan kepada semua upaya yang telah kita perbuat. Saya senang dan bangga melihat prajurit-prajurit kita baik TNI-Polri, mereka di lapangan telah masuk ke posnya masing-masing. Nanti tentu akan banyak yang berpakaian preman,” tegasnya. 012


TAGS :