Lingkungan

BI Bali Wujudkan Aksi ‘Makedas-kedas’ di Pantai Mengiat

 Rabu, 29 Juni 2022 | Dibaca: 295 Pengunjung

Aksi nyata kebersihan dilakukan Bank Indonesia di Pantai Mengiat, Kawasan ITDC Nusa Dua, Badung.

www.mediabali.id, Denpasar. 

Kebersihan lingkungan di areal Pantai Mengiat, Kawasan ITDC Nusa Dua, Badung, melibatkan 100 pegawai Kantor Bank Indonesia (BI), dengan bertajuk ‘BI Bali Makedas-kedas 2022’.

Kepala Perwakilan BI Provinsi Bali Trisno Nugroho mengatakan aksi kebersihan di Pantai Mengiat ini adalah langkah kecil dan nyata. Ia berharap secara tidak langsung aksi kebersihan yang digelar memberi dampak untuk masyarakat dan lingkungan di sekitar Pantai Mengiat. “Ya ini sejalan dengan komitmen Bank Indonesia dalam isu lingkungan, termasuk ekonomi hijau,” ujar Trisno belum lama ini.

Melalui kemajuan sektor kepariwisataan di Pulau Dewata, memiliki dampak bagi ekonomi Bali, tetapi juga berdampak terhadap lingkungan. Oleh sebab itu, masalah sampah yang menjadi persoalan selama ini harus diantisipasi, terutama sampah di areal pesisir. 

“Maka kesadaran penuh warga dan para wisatawan adalah kunci utamanya untuk menjaga keindahan dan kelestarian objek wisata alam di Indonesia. Kebersihan pantai dari BI juga diharapkan memberi contoh untuk warga dan wisatawan dalam menerapkan perilaku green culture, sehingga dapat menjaga pelestarian pariwisata Bali,” imbuhnya.

Bagi Trisno, dalam kebersihan tersebut turut dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis, berupa tiga tempat sampah organik dan anorganik dan seperangkat peralatan kebersihan pantai bagi Desa Adat Peminge yang diwakili Ketua Nelayan Pantai Mengiat. 

“Selain itu, BI turut melakukan penyelamatan lebih dari 100 telur penyu, yang selanjutnya dibawa ke tempat penangkaran sebagai upaya pelestarian penyu dari ancaman kepunahan,” tandasnya. 012


TAGS :