Pendidikan

1.468 Wisudawan/i Undiksha Lulus di Wisuda ke-LXVIII, Komitmen Hasilkan SDM Unggul dan Berprestasi

 Kamis, 25 Agustus 2022 | Dibaca: 314 Pengunjung

Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., secara luring mewisuda sebanyak 1.468 wisudawan/i jenjang D3, S1, S2, dan S3, secara dua tahap, Kamis (25/8/2022) dan Jumat (26/8/2022).

www.mediabali.id,

Pasca melandainya pandemi Covid-19, wisuda ke- LXVIII di lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) diadakan dua kali secara luring dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes), pada Kamis (28/8/2022) dan Jumat (26/8/2022) hari ini.

Seluruh wisudawan hadir dengan penuh semangat, mereka datang dari berbagai Program Studi (Prodi) yang telah siap turun dan berkiprah di masyarakat melalui potensi dimiliki masing-masing.

Undiksha pada Agustus 2022, mencatat wisuda kali ini diikuti 1.468 lulusan dari jenjang D3, S1, S2, dan S3. Wisuda pun tampak spesial karena pertama kali dilakukan secara luring penuh selama masa pandemi, dimana wisuda daring dan hybrid sebelumnya pernah diadakan.

Diterangkan Rektor Undiksha Prof. Dr. I Nyoman Jampel, M.Pd., saat ini Undiksha berkomitmen untuk dapat berkontribusi dalam menghasilkan SDM unggul, kompeten, dan berkarakter Pancasila dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik di masa depan. Mahasiswa-mahasiswi dimotivasi memacu kualitas diri dan memiliki nilai guna usai tamat bagi keluarga dan masyarakat di sekitarnya. 

Undiksha terus berbenah untuk meningkatkan kualitas di bidang pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian ke masyarakat. Oleh sebab itu, selama proses studi dilalui mahasiswa-mahasiswi, mereka telah dibekali pengetahuan, keterampilan, teknologi, dan nilai-nilai hidup dengan harapan mampu memperoleh pekerjaan yang layak dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. 

"Kami berharap para lulusan ini dapat dengan sukses mengarungi tahapan-tahapan pembentukan SDM unggul berikutnya, baik pada jenjang pendidikan selanjutnya maupun di dunia kerja," terangnya. 

Prof. Jampel yang merupakan rektor Undiksha dua periode ini menambahkan prestasi yang diraih wisudawan selama di Undiksha belum sepenuhnya mencerminkan potensi unggulan dalam diri. Dari itulah, penting para wisudawan supaya memacu dan mengembangkan diri, dimana agar mampu mewujudkan segala potensi dimiliki dan menjadi SDM yang unggul dan berprestasi. 

“Tantangan ke depan cukup banyak. Para lulusan ini harus tetap adaptif, bisa terus mengembangkan diri untuk bisa menghadapi persaingan," ucapnya.

Prof. Jampel menegaskan dalam perjalananan Undiksha kini, banyak prestasi telah diraih. Hal tersebut berkaitan dengan tata pengelolaan kelembagaan dan secara khusus berkaitan dengan bidang akademik dan non akademik. Bahkan, prestasi dimaksud terdiri atas tingkat nasional dan internasional, yang didukung penuh para lulusan. Dari itulah, prestasi terus ditumbuh kembangkan demi mewujudkan Undiksha sebagai Trendsetter dan Internasional Reputable University

“Prestasi dapat kami capai karena komitmen, kerja keras, dan kebersamaan yang terbangun di Universitas ini,” pungkasnya.   

Sementara itu, salah satu perwakilan wisudawan, Luh Putu Shanti Yuliastiti, S.Pd., merasa bangga telah mengikuti wisuda dan kesan-kesan disampaikan selama kuliah di Bali Utara. Masuk ke kampus terakreditasi A ini, Shanti Yuliastiti memperoleh banyak pengalaman, baik terkait Tri Dharma Perguruan Tinggi dan dalam pengembangan soft skill.

“Melalui berbagai kegiatan kami telah memperoleh banyak pengalaman yang dapat membawa kami semua dalam proses pendewasaan diri. Segala kebersamaan ini, kami maknai sebagai proses untuk semakin mengabdikan diri kepada sesama,” demikian tutupnya. 012


TAGS :