Peristiwa

PT PLN (Persero) Siagakan Tim PDKB Jelang Nataru 2024

 Jumat, 22 Desember 2023 | Dibaca: 234 Pengunjung

Foto IST: Manager Komunikasi PLN UID Bali I Made Arya, menjelaskan PLN Bali siaga kebutuhan listrik di penghujung Tahun 2023, Jumat (22/12/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), serupa seperti tahun-tahun sebelumnya disiagakan unit PT PLN (Persero) jelang Natal Tahun 2023 dan Tahun Baru 2024.

Manager Komunikasi PLN UID Bali I Made Arya, mengatakan PDKB memang akan disiagakan, sebagai orang-orang pilihan dengan keterampilan dan kompetensi khusus untuk mengatasi masalah listrik.

Tidak dipungkiri PT PLN (Persero) memiliki ‘pasukan khusus’ bernama PDKB. Mereka sudah dilatih untuk siap melakukan pemeliharaan, perbaikan, penggantian isolator, konduktor, dan berbagai komponen menyangkut jaringan listrik

"Di dalam Natal dan Tahun Baru ini kami siapkan 10 unit PDKB dan bisa ditambah sesuai kebutuhan," ujar Arya, Jumat (22/12/2023).

Arya menambahkan PDKB dilatih melakukan pemeliharaan, perbaikan, dan penggantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya pada jaringan listrik.

"Mereka akan bekerja ketika ditemukan masalah di lapangan. Misalnya ada, gangguan listrik, PDKB akan bekerja langsung dengan lewat sambungan langsung. PDKB bekerja tanpa pemadaman," katanya.

PDKB di Bali sebelum libur Nataru, telah memantau dan memelihara tower listrik dengan arus listrik yang sangat kuat. Mengenai pemeliharaan tetap dilakukan untuk menjaga kehandalan suplai listrik untuk masyarakat luas.

"PDKB adalah pasukan elit milik PLN, mereka sudah dilatih memelihara, perbaikan dan proses penggantian isolator, konduktor maupun komponen lainnya berkaitan tengang jaringan listrik tanpa memadamkan listrik. Ini bertujuan agar masyarakat tetap dapat menikmati listriknya," beber Arya yang gemar bermain Futsal ini.

Secara umum, PDKB dalam catatan   PDKB.id tahun 2020, jumlah PDKB terus berkembang sesuai kebutuhannya. Pada Agustus 2019, PLN memiliki sebanyak 1321 pasukan PDKB yang tersebar se-Indonesia, terbagi menjadi PDKB Tegangan Extra Tinggi (TET) dan Tegangan Tinggi (TT) sebanyak 351 personil, Tegangan Menengah (TM) sebanyak 970 personel.

Sementara itu, di Nataru 2023 PLN telah memantau hotel-hotel besar di Bali, tetap mendapat perhatian kelistrikan. Namun begitu, rata-rata hotel meminta tambah daya untuk acara mereka di Nataru.

"Pelanggan premium kadang menambah tambah daya sementara dan layanan Uninterruptible Power Supply (UPS) atau perangkat yang menyediakan cadangan energi ketika terjadi pemutusan arus listrik atau penurunan daya jika ada listrik mati. Hal terkait tentu bisa di back up dari tambah daya tersebut. PLN Bali kini siap menangani kebutuhan listrik dipenghujung Tahun 2023," tandas Arya. 012

 


TAGS :