Lingkungan

PLN Bantu 1.000 Pohon Wujudkan Kelestarian Lingkungan di Pesisir Pantai Biaung

 Jumat, 24 Juni 2022 | Dibaca: 256 Pengunjung

Penanaman 1.000 pohon dilakukan PT PLN UID Bali di Pesisir Biaung Kertalanggu, Denpasar, Jumat (24/6/2022).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Sebanyak 1.000 pohon terdiri atas 800 bibit Cemara Udang dan Cemara Laut, serta 200 bibit pohon Ketapang Kencana dengan total nilai Rp65 Juta akhirnya ditanam PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Bali, di kawasan Pesisir Biaung Kertalanggu, Denpasar, Jumat (24/6/2022). 

Penanaman pohon bersama-sama Komunitas Peduli Lingkungan Rumah Mangrove dan Kelompok Nelayan setempat KUB Sari Segara Kesiman, adalah wujud partisipasi PT PLN UID Bali untuk melestarikan ekosistem laut, dimana 1.000 pohon tersebut ditanam dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia, pada 5 Juni 2022 lalu. 

Senior Manager Komunikasi dan Umum PLN UID Bali Krisantus Hendro Setyawan, secara terbuka menyerahkan 1.000 pohon untuk ditanam para komunitas dan masyarakat. Bantuan tersebut adalah bentuk kepedulian dalam menjaga pelestarian ekosistem laut, seperti peningkatan agregasi tanah, memperbaiki unsur hara, dan melestarikan tempat penyu untuk bertelur. 

“Ya ini tentu banyak manfaat yang diperoleh dengan melakukan pelestarian lingkungan, tidak hanya bagi ekosistem di pantai, namun juga ini menjadi upaya kita bersama untuk membangun meminimalisir abrasi yang semakin menyempitkan garis pantai serta membentengi pantai dari bencana tsunami,” ucapnya. 

Hal penting lainnya, terkait abrasi pantai tentu dapat dicegah lewat penanaman pohon mangrove dan sejenisnya. Sebab abrasi pantai cukup meresahkan dan menyulitkan para nelayan untuk melaut, termasuk akibat tingginya pasir pantai terhadap laut, sehingga perahu dari kalangan nelayan sulit diturunkan. 

“Semoga pohon-pohon ini saat sudah tumbuh lebih tinggi, mampu menjadi peneduh bagi pengunjung pantai serta dapat menolong para nelayan di masa depan supaya bisa melaut dengan lebih mudah,” terang Krisantus. 

Sementara itu, Ni Ketut Kesyuani, perwakilan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan mengatakan ia mengapresiasi upaya PLN bersama komunitas setempat lewat aksi nyata pelestarian lingkungan dilakukan. 

“Kami berharap pohon-pohon yang hari ini ditanam dapat dijaga sebaik-baiknya oleh kelompok tani, kelompok nelayan, maupun masyarakat di sekitar Pantai Biaung ini sehingga dapat memberikan dampak positif bagi ekosistem laut," tutur Kesyuani.

Sedangkan, Ketua Kelompok Tani Rumah Mangrove Fajar Lukman Hakim menilai langkah penanaman pohon ini sangat mulia dan ia turut menyampaikan rasa terima kasih terhadap PLN atas kepedulian terhadap lingkungan. 

“Mewakili komunitas pencinta lingkungan dan rumah mangrove saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan dalam menjaga ekosistem vegetasi laut. Kami akan secara rutin memonitor perkembangan kehidupan pohon-pohon yang kita tanam hari ini agar bisa hidup dan mudah-mudahan juga dapat membawa dampak positif bagi masyarakat sekitar dan lingkungan,” tandasnya. 012


TAGS :