Pendidikan

Kibarkan Bendera Jambore Nasional XI, Gede Danu Kartikeya Buat Bangga Pramuka Bali  

 Minggu, 14 Agustus 2022 | Dibaca: 367 Pengunjung

I Gede Danu Kartikeya Wirawan (15) sebagai putra Bali yang mengibarkan bendera jambore nasional dan menjadi kebanggaan terhadap pelaku pramuka Bali, Minggu (14/8/2022).

www.mediabali.id, Nasional. 

Kegiatan Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022 merupakan momentum akbar terhadap kalangan Pramuka Penggalang dari seluruh Indonesia, dimana digelar mulai tanggal 14 s.d 21 Agustus 2022.

Para anggota Pramuka Penggalang Indonesia dan undangan Pramuka dari luar negeri, setiap lima tahun sekali menyelenggarakan Jambore Nasional. Karena itu, kesempatan pertemuan tahun ini oleh kalangan Pramuka tidak boleh dilewatkan.

Momentum menarik saat upacara pembukaan Jamnas XI, dimana salah satu perangkat upacara pengibar bendera Jamnas adalah peserta wakil dari Bali, yaitu I Gede Danu Kartikeya Wirawan (15) selaku alumni SMPN 3 Abiansemal dan saat ini ia tercatat sebagai siswa SMAN 2 Abiansemal. 

Sosok pemuda kelahiran 21 Januari 2007 ini sangat getol di bidang kepramukaan, dia mendalami dunia Pramuka sedari muda. Oleh sebab itulah, Gede Danu Kartikeya dipilih menjadi pengibar bendera Jambore Nasional XI Tahun 2022 

“Sangat bangga bisa menjadi salah satu anggota pengibar bendera Jambore Nasional XI Tahun 2022 ini, dimana dapat membawa nama Bali ditingkat nasional,” kata Gede Danu Kartikeya selaku pemuda Bali yang memiliki cita-cita menjadi Taruna Akademi Militer ini, Minggu (14/8/2022). 

Dikatakan Kadis Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Badung selaku Ketua Harian Kwarcab Badung I Gusti Made Dwipayana, membenarkan bahwa salah satu peserta Jamnas Badung Kontingen Bali menjadi pengibar pada pembukaan Jamnas XI 2022 di Jakarta. Dimana sebelumnya memang telah melalui seleksi tingkat Nasional yang diikuti oleh perwakilan seluruh Indonesia.

“Jadi kami bersyukur dan bangga bahwa ada salah satu peserta kita diberikan kepercayaan untuk mengemban tugas pada pembukaan, semoga di Jambore nanti apa pengalaman dan apa bisa ditularkan kepada teman-teman serta adik-adiknya nanti. Hal ini demi kemajuan pendidikan kepramukaan di Badung dan Bali,” kata Gusti Dwipayana. 

Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah Bali I Made Rentin mengapresiasi atas pengibaran bendera Jambore Nasional XI Tahun 2022, yang mana wakil Bali telah memperoleh kepercayaan untuk mengibarkan bendera jambore.

“Setelah melalui proses di jambore daerah Bali, lalu mengikuti seleksi di tingkat nasional, dimana Gede Danu adalah putra wakil Bali pertama yang menjadi pengibar di jambore nasional. Hal ini sangat membanggakan untuk kami dalam pendidikan kepramukaan di Bali dan akan menjadi motivasi dalam melakukan pola pendidikan, sekaligus pengembangan kepramukaan di Bali,” tandasnya. 012


TAGS :