Peristiwa

Yowana Jadi Polisi untuk Diri Sendiri, Polsek Denut Kawal Lewat 'SiSabar'

 Sabtu, 25 Februari 2023 | Dibaca: 258 Pengunjung

Suasana sambang SiSabar dilakukan Kapolsek Denut Iptu I Putu Carlos Dolesgit, SH., MH., kepada yowana di Banjar Poh Gading Desa Ubung Kaja, Sabtu (25/2/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Program Polisi Sahabat Banjar (SiSabar) diterapkan Polsek Denpasar Utara (Denut), untuk menemui para yowana atau pemuda di Banjar Poh Gading Desa Ubung Kaja. Selain menyambung komunikasi, juga dalam menjaga Keamanan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif, Sabtu (25/2/2023) malam.

Menurut Kapolsek Denpasar Utara Iptu I Putu Carlos Dolesgit, SH., MH., pendekatan terhadap pemuda-pemudi di banjar-banjar penting dilakukan untuk lebih meningkatkan Kamtibmas.

Sebab, mendekati hari pengerupukan dalam menyambut Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1945, banyak pemuda melakukan aktifitas pembuatan ogoh-ogoh.

Sambang Kamtibmas, lanjut Iptu Carlos dalam rangka meningkatkan sinergitas, komunikasi, kerja sama, dan silahturahmi antar Polri serta masyarakat.

"Para yowana agar bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri yang artinya bisa bertanggung jawab, peka terhadap lingkungannya, dan menjaga sikap dalam berperilaku sehari-hari. Hindari minum-minuman keras pada saat kumpul-kumpul, khususunya saat menggarap ogoh-ogoh atau berlatih baleganjur. Ini juga karena hal tersebut dapat berdampak negatif, di antaranya dapat menganggu keamanan dan kenyamanan," katanya.

Peranan aparat di lapangan, Polri sangat siap menjadi pelindung, pengayom, dan pelayan bagi masyarakat. Karena itulah, Kamtibmas di tingkat bawah ini wajib dirawat bersama seluruh pihak. 

"Warga masyarakat diharapkan tidak segan-segan melapor apabila terjadi sesuatu atau gangguan," tegasnya.

Sementara itu, Perbekel Desa Ubung Kaja I Wayan Astika di sela-sela kegiatan mewakili warga dan yowana di Banjar Poh Gading. Ia berterima kasih atas kehadiran Polri melalui sambang Kamtibmas.

"Melalui inovasi seperti program SiSabar, hal ini merupakan komunikasi sinergi yang terjalin sangat erat dan harmonis," ucap Astika, di dampingi hadir Kadus Br. Poh Gading I Made Dharma Yasa, Kelian Adat Anak Agung Ketut Mandira, Petajuh Desa Adat Poh Gading dan Ketua STT Semadhi Dharma Putra yang diterima Chisa Nanda, serta pemuda STT Semadhi Dharma Putra. 

Kapolsek Denut Iptu Putu Carlos bersama Kanit Binmas Polsek Denut diakhir acara turut menyerahkan sarana komunikasi (Sarkom) berupa 1 buah karpet dan 5 bungkus dupa ke STT Br. Poh Gading. 012


TAGS :