Ekonomi

Tim STB Runata Lakukan Pembinaan UMKM Giri Bamboo melalui Manajemen Usaha/sub

 Minggu, 19 November 2023 | Dibaca: 813 Pengunjung

www.mediabali.id, Denpasar. 

Tim  STB Runata memberikan pembinaan usaha mikro kecil menengah (UMKM) Giri Bali Bamboo melalui Manajemen Usaha yang dananya dari hibah Kemenristekdikti. Hibah tersebut merupakan salah satu proposal program pembinaan UMKM berbasis Kemitraan.

Pemberdayaan  UMKM  di  tengah  arus  globalisasi  dan tingginya  persaingan  membuat  UMKM  harus  mampu  menghadapi  tantangan  global,  seperti meningkatkan  inovasi  produk  dan  jasa,  pengembangan  sumber  daya  manusia  dan  teknologi, serta  perluasan  area  pemasaran.  Hal  ini  perlu  dilakukan  untuk  menambah  nilai  jual  UMKM  itu sendiri, utamanya agar dapat bersaing dengan produk-produk asing yang kian membanjiri sentra industri dan manufaktur di  Indonesia, mengingat UMKM adalah sektor ekonomi  yang mampu  menyerap  tenaga  kerja  terbesar  di  Indonesia.

Salah satu UMKM yang sangat potensial dilakukan pembinaan dan pengembangan adalah industri kerajinan bambu Giri Bali Bamboo, menggunakan istilah bamboo dan bukan bambu, hal ini terinspirasi oleh perintisnya Bapak I Made Sumarta, karena pangsa pasarnya adalah orang asing, hotel dan restaurant.  UMKM ini membuat produk kebutuhan peralatan makan dengan bahan baku dari bambu, seperti sendok, garpu, gelas, tumbler, strow (sedotan), pisau roti, box untuk tempat kosmetik,  dan  tempat tisu. Produk ini unik dan ramah lingkungan, karena setelah produk ini rusak dan tidak bisa dipakai akan mudah dikembalikan lagi ke alam tidak mencemari lingkungan, hal ini yang menarik konsumen terutama yang cinta lingkungan, konsumen seperti ini keberadaanya banyak di luar negeri   
Dari observasi di atas Tim STB Runata melihat bahwa tidak adanya pengelolaan yang jelas di UMKM Giri Bali Bamboo, tidak adanya pembagian tugas, belum dikembangkannya baik secara skill maupun pengetahuan. Dari observasi tersebut STB Runata dengan mengundang Dinas Koperasi UMKM Kota Denpasar memberikan pelatihan dan pendampingan manajemen usaha agar UMKM Giri Bali Bamboo mengelola secara efektif dan efisisen. 
Program yang merupakan hibah Ditjendikti Ristek diketuai oleh Dr. Luh Kadek Budi Martini, S.E.,M.M. dengan anggota Dr. Mutria Farhaeni, S.E.,M.Si., Ni Putu Widiastuti, S.E.,M.M., Putu Ade Wijana, S.S.,M.Par., A.A. Istri Ngurah Dyah Prami, S.Sos.,M.A.


TAGS :