Peristiwa

Geladi Rentinkon Kotamaops TNI Pasis Dikreg LI Sesko TNI Dibuka Pangdam IX/Udayana

 Senin, 04 September 2023 | Dibaca: 278 Pengunjung

Suasana dalam geladi Rencana Tindakan Kontijensi (Rentinkon) Kotamaops TNI (Waskita Dharma) Pasis Dikreg LI Sesko TNI TA 2023, Senin (4/9/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Kegiatan geladi Rencana Tindakan Kontijensi (Rentinkon) Kotamaops TNI (Waskita Dharma) Pasis Dikreg LI Sesko TNI TA 2023, dibuka oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, S.IP., M.Sc., didampingi Wadan Sesko TNI Mayjen TNI Kukuh Surya, S.S., M.Tr. (Han)., sebagai Wakil Pimpinan Umum Latihan (Wapimumlat) Pasis Dikreg LI Sesko TNI, Senin (4/9/2023) yang digelar di Aula Supardi Makodam IX/Udayana.

Melalui pembukaan kegiatan Geladi Rentinkon Waskita Dharma, Komandan Sesko TNI dalam sambutannya yang dibacakan Wadan Sesko TNI menyampaikan ucapan terima kasih terhadap Pangdam IX/Udayana beserta staf atas kehadirannya dalam meluangkan waktu menerima kedatangan Pasis Dikreg LI Sesko TNI dan menginformasikan bahwa kegiatan akan dilaksanakan selama 4 hari mulai 4 s.d. 7 September 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 55 orang terdiri dari Perwira Siswa (Pasis) 38 orang dan pendamping 17 orang.

“Saya berharap kepada para Pasis, untuk memanfaatkan dan mampu menggali berbagai perkembangan lingkungan strategis dengan kondisi nyata yang dihadapi Kodam IX/Udayana dalam upaya melaksanakan tugas pokoknya," ujarnya. 

Kemudian Pangdam IX/Udayana di dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada panitia, ketua rombongan dan peserta geladi Rentinkon Kotamaops TNI (Waskita Dharma) Pasis Dikreg LI Sesko TNI TA 2023.

Pangdam turut menambahkan situasi secara singkat bahwa Kodam IX/Udayana membawahi 3 Korem, yaitu Korem 161/Wira Sakti di Provinsi NTT, Korem 162/Wira Bhakti di Provinsi NTB, dan Korem 163/Wira Satya di Provinsi Bali. 

Diketahui ketiga provinsi tersebut memiliki karakteristik budaya dan adat istiadat yang berbeda, sehingga dibutuhkan penanganan keamanan dengan kultur dan cara yang berbeda.

"Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Provinsi Bali merupakan magnet bagi jutaan wisatawan termasuk tamu VVIP untuk berkunjung," kata Pangdam. 

Pangdam berharap geladi Rentinkon Kotamaops TNI (Waskita Dharma) ini merupakan momentum penting sebagai sarana untuk mengaplikasikan teori yang telah diterima dengan data dan fakta di lapangan mengandung analisa yang lebih tajam, terutama saat menyusun rencana tindakan dalam menghadapi kontijensi khususnya di wilayah Kodam IX/Udayana.

Lebih lanjut, ats kesempatan yang sama Ketua Tim Pokja pelaku Kodam IX/Udayana Kolonel Inf. Rio Neswan, SE., MM., M.I.K., mengatakan bahwa akan melaksanakan salah satu kegiatan pendidikan termasuk dalam kurikulum, yaitu Geladi Posko Rentinkon dengan obyeknya adalah Kodam IX/Udayana.

"Maka itu, pelajaran yang telah diterima dapat diaplikasikan langsung di lapangan," tutur Kolonel Inf. Rio Neswan.

Kegiatan geladi Rentinkon Waskita Dharma mendatangkan nara sumber dari: Karo Ops Polda Bali, Kalaksa BPBD Prov. Bali, Kepala BMKG Prov. Bali serta Kabid Kewaspadaan Nasional dan Penanganan Konflik Daerah Kesbangpol Prov. Bali.

Sementara itu, sejumlah pihak yang hadir adalah: Irdam IX/Udy, Kapoksahli Pangdam IX/Udy, Para Asisten Kasdam IX/Udy, Para Dan/Kabalakdam IX/Udy, LO TNI AL, LO TNI AU, Danlanal Denpasar (Diwakilkan), Danlanud Ngurah Rai (Diwakilkan), beserta Rombongan dari Sesko TNI. 012

 


TAGS :