Lingkungan

Wujud Nyata Penghijauan, Polda Bali dan Jajaran Tanam Pohon di Kawasan Muntig Siokan

 Rabu, 23 Agustus 2023 | Dibaca: 333 Pengunjung

KIRI-KANAN - Kepala SMKTI Bali Global Denpasar Drs. I Gusti Made Murjana, MPd., didampingi Kepala Tata Usaha IBN Badra Jayapati, SE., dalam media gathering ITB STIKOM Bali di Duta Orchid Garden, Tohpati Denpasar, Senin (30/1/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Polda Bali bersama Polresta Denpasar, Polsek jajaran, dan mahasiswa-mahasiswi menggelar acara menanam bibit pohon kelapa, mangrove, tanaman buah-buahan dan pepohonan jenis lainnya dengan mengusung tema 'Polri Lestarikan Negeri - Penghijauan Sejak Dini' di areal Muntig Siokan Desa Adat Intaran, Denpasar Selatan, Rabu (23/8/2023).

Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kd Putra Narendra, S.IK., M.Si., mengawali dengan mengikuti pertemuan secara teleconference pusat, lalu dilanjutkan serentak di areal pesisir Muntig Siokan dengan menanam bibit kelapa.

Tidak saja di Muntig Siokan, tetapi seluruh titik wilayah di Polresta Denpasar hingga Polsek-polsek di Bali, melakukan penghijauan penanaman pepohonan demi terwujudnya kelestarian terhadap alam, khususnya di Bali.

Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, S.IK., MH., seizin Kapolda Bali Irjen Pol. IB Narendra menjelaskan bahwa dengan tema 'Polri Lestarikan Negeri - Penghijauan Sejak Dini' ke depan mampu menumbuhkan semangat masyarakat sekaligus generasi muda untuk saling menjaga dan melestarikan alam Bali, sehingga dampak kelestarian alam dapat dirasakan di masa yang akan datang.

"Polda Bali bersama Polresta Denpasar, dan Polsek-polsek jajaran melaksanakan penanaman pohon sebagai wujud dari komitmen Polri, khususnya dalam mendukung pemerintah untuk menciptakan wilayah yang hijau dan ramah lingkungan," ujar Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan.

Ia menambahkan apabila kegiatan penanaman pohon ini langsung digagas oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si. Menariknya, bukan saja digelar di lingkup Bali semata, tetapi penanaman pohon ini dilakukan serentak di seluruh Polda dan jajaran di Indonesia.

"Ya ini serentak di seluruh Polda jajaran di Indonesia, yang menargetkan menanam sebanyak 1 Juta pohon, hingga nanti bulan Oktober 2023. Sebelumnya, Polda Bali dan Polres jajaran telah melaksanakan hal yang sama pada,18-22 Agustus 2023. Terakhir kami sudah menanam sebanyak 3.775 pohon di 36 titik lokasi. Maka itu target penanaman pohon kami sebanyak 40.100 pohon," tegasnya.

Kombes Pol. Jansen Avitus Panjaitan, sekaligus mantan Kapolresta Denpasar ini mengatakan tujuan penanaman pohon ini juga untuk memberikan dampak pohon terhadap kelestarian lingkungan dan menjadi bagian dari ajaran Tri Hita Karana, yaitu pelemahan.

"Penanaman pepohonan untuk memberikan kelestarian lingkungan, kesehatan ekosistem udara, mencegah polusi dan radikal bebas. Hal terpenting adalah memberi nilai tambah terhadap kehidupan masyarakat kita secara langsung dan tidak langsung, khususnya memberi manfaat positif untuk generasi kita selanjutnya," imbuhnya.

Pihaknya mengajak masyarakat dan para generasi muda untuk saling menjaga serta merawat pepohonan yang sudah ditanam.

"Kawasan pantai yang sudah dikelola desa adat (Desa Adat Intaran-red), kita juga sudah berkomunikasi pula untuk bersama-sama menjaga tanaman dengan baik," tandasnya. 012


TAGS :