Sosial

UHN IGB Sugriwa Gelar Seminar Hari Persaudaraan Manusia Internasional

 Senin, 30 Januari 2023 | Dibaca: 470 Pengunjung

UHN IGB Sugriwa Gelar Seminar Hari Persaudaraan Manusia Internasional

www.mediabali.id, Bangli. 

Universitas Hindu Negeri I Gusti Bagus Sugriwa (UHN IGB Sugriwa) bekerjasama dengan Majelis Hukama Muslimin Indonesia  (MHM), menggelar Seminar Hari Persaudaraan Internasional di Kampus UHN IGB Sugriwa Bangli, Senin (30/1). 

Rektor UHN I Gusti Bagus Sugriwa, Prof. I Gusti Ngurah Sudiana menyampaikan, kegiatan Seminar Persaudaraan Manusia Internasional ini adalah seminar Internasional  ketiga yang diselenggarakan UHN I Gusti Bagus Sugriwa bekerjasama dengan Majelis Hukama Muslimin Indonesia, yang bertujuan untuk menginspirasi kampus untuk bergerak lebih maju berkaitan dengan persaudaraan manusia dan literasi beragama yang bernuansa akademis. 

Pihaknya berharap seminar ini dapat membawa manfaat.

“Dan mari kita gelorakan persaudaran internasional, dari Bali untuk dunia internasional," ujarnya.

Baca juga:
Curi Emas, Polsek Dentim Tangkap Perempuan Mantan Pekerja di Kafe

Direktur Majelis Hukama Muslimin Indonesia, Muchlis M. Hanafi, menyebut seminar Hari Persaudaraan Internasional dilaksanakan guna menjalin komunikasi kehidupan beragama di dunia global agar tidak dicemari oleh konflik, kebencian dan peperangan tidak berkesudahan yang sering mengatasnamakan agama, sehingga dapat menyebabkan krisis kemanusiaan. 

"Melalui kegiatan ini diharapkan manusia dapat hidup berdampingan secara damai dan selalu mengingat nilai-nilai kemanusiaan," kata dia.

Baca juga:
Kawal PPDB 2023/2024, SMK TI Bali Global Ajak Hormati Kuota dan Regulasi Pusat

Sementara Wakil Bupati Bangli yang membuka kegiatan itu, menyambut baik seminar yang dilaksanakan ini. Ia menyebut Hari Persaudaraan Internasional ini menjadi upaya dalam menjaga harmonisasi kehidupan umat manusia, sebagai respon dari keprihatinan dunia pada ujaran kebencian terhadap agama, suku, ras dan sebagainya yang telah merusak semangat toleransi dan keberagaman sebagai sesama makhluk ciptaan Tuhan.

"Hari Internasional Persaudaraan Manusia dapat menjadi pijakan bagi terlaksananya moderasi beragama di Indonesia, membudayakan dialog dalam kehidupan bermasyarakat agar sikap saling menghormati tetap terjalin dengan utuh, semua langkah tersebut merupakan implementasi Pancasila sebagai dasar negara kita," tuturnya.

Baca juga:
Polnas Denpasar Cetak Lulusan Terampil, Siap Kerja di Industri Solar Cell dan Motor Listrik

Melalui seminar ini Diar berharap, akan lahir pemikiran-pemikiran dan rekomendasi yang mampu memberikan pencerahan dan solusi dalam memecahkan berbagai persoalan bangsa. 006


TAGS :