Politik

Tingkatkan Wawasan dan Profesionalisme Media Massa, DPRD Buleleng Kunjungi DPRD Badung

 Jumat, 28 Oktober 2022 | Dibaca: 332 Pengunjung

Kunjungan studi banding dari DPRD Kab. Buleleng, dilakukan menuju DPRD Kab. Badung, dalam rangka menambah wawasan di bidang kehumasan, Jumat (28/10/2022).

www.mediabali.id, Badung. 

Peningkatan kerjasama dengan awak media cetak, online, dan televisi, menjadi simbiosis mutualisme antara Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Buleleng bersama-sama para wartawan sebagai wujud nyata menyambungkan informasi ke publik masyarakat.

Maka tidak jauh berbeda dengan DPRD Kabupaten Badung, yang turut melakukan kerjasama dengan media massa untuk menyajikan informasi yang akurat ke publik, sehingga apa yang selama ini dikerjakan dapat lebih jelas diketahui oleh masyarakat.

Tidak jauh berbeda DPRD Badung dengan DPRD Kabupaten Buleleng, kami juga menganggarkan untuk kunjungan kerja bersama wartawan," ujar Made Suardana Ap., M.Si., selaku Kasubag Persidangan dan Risalah Legislatif DPRD Kabupaten Badung, Jumat (28/10/2022).

Baca juga:
DPRD Buleleng Kunjungan Media ke DPRD Gianyar, Tingkatkan Kompetensi Jurnalistik 

Wakil Ketua I DPRD Buleleng Ketut Susila Umbara, SH., dalam kunjungan terkait mengatakan studi banding Bagian Humas bersama wartawan DPRD Kab. Buleleng menuju ke DPRD Badung menjadi hal penting sebagai langkah menambah wawasan dan berbandingan, sekaligus untuk mempererat komunikasi antar Humas DPRD Buleleng dan DPRD Badung.

"Jadi sama saja, hanya ada beberapa kriteria yang berbeda, tetapi jangan lupa profesionalisme dari para wartawan ini tetap terjaga. Semisal, bilamana ada kasus tentu secara profesional akan dimediakan juga, tetapi tetap memegang kode etik jurnalistik," kata Susila Umbara.

Baca juga:
BI Bali Catat Periode Januari-Juli 2022 Transaksi Money Changer Capai 16,25 Persen

Susila Umbara mengatakan walaupun memiliki Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang nilainya tidak seperti dengan Kabupaten Badung, DPRD Buleleng tetap memberikan apresiasi tinggi terhadap media massa di Bali Utara dengan studi banding sebanyak tiga kali setahun.

"Di saat pandemi kita sempat terpuruk, karena Pajak Hotel dan Restoran (PHR) kita juga zero, jadi (ditunjang) dari sektor pertanian. Akhirnya juga perjalanan dinas kita juga dipotong untuk penanganan Covid-19, setahun gak jalan. Tapi, walaupun 'miskin', apresiasi kami kepada wartawan luar biasa, tiga kali setahun. Jadi itu menjadi bagian daripada apresiasi kami kepada wartawan," terang Susila Umbara, yang juga dihadiri Wakil Ketua III DPRD Buleleng Dra. M. Putri Nareni, Ketua Komisi I I Gede Odhy Busana, SH., Ketua Komisi IV DPRD Buleleng Luh Hesti Ranitasari, Anggota Komisi II DPRD Buleleng Ketut Wirsana, SH., dan Ka. Bag. Pengawasan dan Humas DPRD Buleleng Ir. Nyoman Budi Utama.

Ketua DPRD Kab. Buleleng Gede Supriatna, SH., turut hadir di DPRD Badung, di mana sebelumnya pula dalam kunjungan di DPRD Gianyar, menilai studi banding wartawan Buleleng setiap tahunnya dilaksanakan untuk menambah wawasan sekaligus inovasi di dalam komunikasi peliputan.

"Hal seperti ini penting dilaksanakan guna penyampaian informasi mengenai kegiatan anggota dewan dan juga sebagai bentuk tanggung jawab kami ke publik atau masyarakat Buleleng bisa disampaikan dengan baik," imbuh Supriatna asal Desa Tejakula, Buleleng ini.

Salah satu wartawan yang bertugas di DPRD Badung, Nyoman Sarmawa dari Bali Viral News mengungkapkan pada dasarnya kerjasama dengan wartawan yang dilakukan di DPRD Buleleng dan Badung tidak jauh berbeda. Namun begitu, ia menekankan kode etik jurnalistik dan profesionalisme patut menjadi pedoman wartawan dalam bertugas. Ia pun berharap kedepannya semua media dapat terakomodir di DPRD Badung, tetapi tetap harus memenuhi kriteria dan syarat kualifikasi.

"Persoalan kerjasama saya kira sangat lumrah antara DPRD dan media, di sana ada sinergi yang saling menguntungkan. Seberapa pun anggota dewan melakukan upaya, kalau tidak dipublikasi, maka tidak akan kelihatan (publikasi masyarakat-red). Sinergitas sama seperti iklan. Selain itu, walaupun ada kerjasama tetapi tetap ada juga fungsi kontrol," tandasnya. 012


TAGS :