Politik

Prabowo Respon Krisis Air Nusa Penida, Wayan Baru Berharap Segera Terealisasi

 Kamis, 01 Februari 2024 | Dibaca: 949 Pengunjung

www.mediabali.id, Klungkung. 

Usulan  pengadaan sumber air bersih untuk atasi krisis air di Nusa Penida mendapatkan respon dari Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto. Melalaui Asisten Menhan, Prabowo memerintahkan tim  untuk segera datang untuk melakukan survei. Hal tersebut disampaikan Ketua DPC Gerindra Klungkung I Wayan Baru, Kamis (1/2). Ia berharap pengadaan air bersih dari Menteri Pertahanan segera terealisasi.

Wayan Baru menyebutkan pengadaan sumber air bersih merupakan program Menteri Pertahanan untuk mengatasi kesulitan air yang dialami masyarakat. Usulan pengadaan sumber air bersih dilakukan melalui Surat permohonan DPC Gerindra Klungkung nomor: BI-08/12-65/A/DPC-GERINDRA/2023 tanggal; 24 Desember 2023 mengusulkan Desa Adat Klumpu, Desa Adat Pejukutan dan Desa Adat Tanglad untuk bisa mendapatkan sumber air bersih.

Usulan dari DPC Gerindra Klungkung ini pun difasilitasi Ketua DPD Gerindra Bali Made Muliawan Arya alias De Gadjah langsung kepada Menhan RI Prabowo Subianto yang mencakup pengadaan sumber air bersih di 10 titik di Bali.

Wayan Baru menyebutkan usulan pengadaan air bersih di Bali ini terdiri dari tiga kabupaten yakni Klungkung, Buleleng dan Karangasem. Di Klungkung program pengadaan sumber air bersih ini difokuskan di Kecamatan Nusa Penida yang terdiri dari tiga desa yakni Desa Adat Klumpu, Desa Adat Pejukutan dan Desa Adat Tanglad.

Wayan Baru menjelaskan hingga saat ini, ketiga desa ini tidak mendapatkan pasokan air dari PDAM, mereka mengandalkan air hujan sebagai sumber air saat musim hujan. Namun setelah persediaan air hujan habis, mereka terpaksa membeli air dari penjual air yang menggunakan truk tangki, terutama saat musim kemarau harga aIr menjadi mahal.

"Nusa Penida sampai saat ini masih mengalami krisis air. Harga air di Nusa Penida sangat mahal sehingga memberatkan kehidupan masyarakat terutama yang kurang mampu. Air bersih menjadi barang mahal untuk masyarakat Nusa Penida," tutur Wayan Baru, Kamis (1/2)

Pihaknya berharap usulan pengadaan sumber air bersih dari Kemenhan RI ini bisa segera terealisasi sehingga masyarakat bisa mendapatkan air bersih dengan mudah. "Harapannya agar segera bisa dibuatkan sumber air bersihnya. Karena krisis air di Nusa Penida ini harus diatasi segera," pungkas Wayan Baru. 007


TAGS :