Peristiwa

Polresta Denpasar dan Sipandu Beradat Tinjau Keamanan Rumah Pemudik

 Kamis, 20 April 2023 | Dibaca: 446 Pengunjung

Patroli Terpadu dengan petugas Sipandu Beradat, salah satunya di wilayah Polsek Denut dalam meninjau keamanan rumah warga yang ditinggal mudik, Kamis (20/4/2023) malam.

www.mediabali.id, Denpasar. 

Patroli Terpadu bersama Sistem Pengamanan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat) di setiap desa atau kelurahan, dilakukan Polresta Denpasar dan Polsek Jajaran. Hal ini dalam rangka menjaga keamanan terhadap rumah warga yang ditinggal mudik lebaran.

Kegiatan dilakukan aparat keamanan setiap hari, mulai Rabu (18/4/2023) hingga 1 Mei 2023 mendatang atau H+7 lebaran. Patroli ini digelar pada jam rawan, khususnya di malam hari.

Kapolresta Denpasar Kombes Pol. Bambang Yugo Pamungkas, SH., S.IK., M.Si., bersama Kapolsek Denut Iptu Putu Carlos Dolesgit, SH., MH., dan Perbekel Desa Dauh Puri Kaja Gusti Sucipta, ST., turun meninjau Patroli Terpadu Sipandu Beradat yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto VI Desa Dauh Puri Kaja, Kecamatan Denut. 

"Jadi inilah ciri khas yang ada di Bali, di mana unsur pengamanan adat, yaitu Pecalang, Bakamda, Linmas, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa, melakukan Patroli bersama dan ini juga sudah mendapatkan apresiasi dari pimpinan Polri, yaitu Kapolri," tegasnya, Kamis (20/4/2023).

Patroli Terpadu bersama Sipandu Beradat, dalam memantau rumah-rumah para pemudik yang tinggal ke kampung halaman masing-masing.

"Hari ini (Kamis malam) saya mengecek pelaksanaan Patroli Terpadu di Desa Dauh Puri Kaja, dan astungkara pelaksanaanya dapat berjalan aman dan lancar," ucapnya.

Guna menambah meyakinkan warga, masing-masing rumah yang sebelumnya sudah didata oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa, lalu didatangi aparat sekaligus dilakukan video call.

"Kita datangi rumah warga dan lakukan video call, sehingga mereka dapat melihat secara real time. Hal ini untuk meyakinkan mereka yang mudik, memastikan keamanan, ketenangan mereka karena rumahnya dijaga," beber Kombes Pol. Bambang Yugo.

Ia menegaskan pemudik dapat pula menitipkan rumahnya ke tetangga, Kaling, Pecalang, dan pengamanan desa lainnya. Hal tersebut untuk mempermudah patroli di lapangan. Selanjutnya, atas sinergitas TNI-Polri, Pemerintah Kota, dan unsur pengamanan adat, tampak Kamtibmas di wilayah Polresta Denpasar terpantau kondusif.

Sementara itu, Kepala Desa Dauh Puri Kaja I Gusti Ketut Sucipta, pun memberi apresiasi dan terima kasih atas kerja sama beserta kinerja keamanan dari aparat kepolisian.

"Kami selaku pimpinan Desa Dauh Puri Kaja menyampaikan apresiasi dan mudah-mudahan warga kami yang mudik merasa tenang dan kami dapat mengamankan, serta menjaga rumah warga yang ditinggal pulang kampung," katanya.

Rumah dan usaha warga, Susilo asal Jember, Jawa Timur, turut dikunjungi oleh aparat keamanan. Susilonmenuturkan sudah mudik beberapa hari lalu. Setelah dihubungi Kombes Pol Bambang Yugo, dia ditunjukkan visual rumahnya yang dalam keadaan aman dan barang-barang di rumah masih utuh. "Terimakasih banyak, Alhamdulillah bapak telah mengamankan rumah kami," tutupnya. 012


TAGS :