Ekonomi

Kolaborasi HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 Dibuka Resmi, Tingkatkan Skala Bisnis Ratusan Startup Teknologi dan Investor Kekinian

 Jumat, 15 September 2023 | Dibaca: 210 Pengunjung

Kolaborasi HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 tumbuh pesat dengan ditunjukkan kickoff HUB.ID Summit X Nexticorn 2023, pada Jumat (15/9/2023) di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Kab. Badung, Bali.

www.mediabali.id, Badung. 

Keberadaan HUB.ID Summit X Nexticorn 2023, berkembang pesat, salah satunya dengan resmi dibuka lewat kickoff HUB.ID Summit X Nexticorn 2023, Jumat (15/9/2023) di Negara Room di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Kabupaten Badung, Bali.

Masyarakat tentu saja masih awam terhadap istilah HUB.ID atau https://hub.id/. Di mana HUB.ID merupakan program yang diinisiasi oleh Direktorat Ekonomi Digital, Ditjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo RI).

Program tersebut digagas untuk memfasilitasi startup Indonesia dalam memperluas jaringan bisnisnya dan peluang pendanaan yang dapat meningkatkan skala bisnisnya.

HUB.ID menyediakan dua program utama, HUB.ID Accelerator dan HUB.ID Summit, yang merupakan acara tahunan di mana startup yang dikurasi berkesempatan mengakses seluruh jaringan di bawah ekosistem HUB.ID.

Sedangkan, Nexticorn atau https://www.nexticorn.id/ adalah organisasi advokasi payung independen untuk komunitas startup, teknologi, dan modal ventura di Indonesia yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan generasi unicorn Indonesia berikutnya, yaitu startup yang bernilai lebih dari $1 miliar.

Diketahui semenjak Tahun 2018, Nexticorn telah menyelenggarakan 'Nexticorn Summit' tahunan di Bali, yang kini rutin dihadiri beberapa nama terkemuka di industri VC-Startup/Tech, termasuk IFC, GIC, Temasek, Softbank, Sequoia, Google, dan Startup terkemuka di Indonesia yang sedang dalam tahap pertumbuhan.

Wujud keseriusan HUB.ID Summit X Nexticorn 2023, tandai lewat kehadiran sebanyak 130 startup teknologi Indonesia dengan sekitar 130 investor dari seluruh dunia.

Konferensi internasional ini turut diselenggarakan mulai 15-16 September 2023, yang mana mengusung tema 'Recalibrating the Industry: Indonesia’s Tech Investment Moving Forward'.

Oleh karenanya, dalam diskusi bersama wartawan cetak, online, dan televisi, dibahas kolaborasi peranan HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 di era kekinian. Narasumber yang hadir di antaranya: I Nyoman Adhiarna selaku Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo RI, berserta Rudiantara selaku Chairman Nexticorn Foundation.

"Jadi kolaborasi ini diharapkan dapat lebih menciptakan sinergi antara sektor publik dan swasta dalam mendukung ekosistem startup di Indonesia," ujar Direktur Ekonomi Digital Kemenkominfo RI Nyoman Adhiarna.

Menurutnya, HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 mempunyai peranan yang strategis untuk menavigasi masa depan lanskap sektor teknologi dan modal ventura, khususnya dalam menavigasi fenomena tech winter.

Upaya menavigasi fenomena tech winter serta berbagai tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya akibat lanskap teknologi yang terus berubah, HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 membahas kalibrasi ulang strategi industri teknologi, Artificial Intelligence (AI), dan teknologi masa depan melalui sesi diskusi panel yang didukung oleh Privy sebagai official signing partner, Victoria State Government Australia, Google, CloudMile, TVM Capital Healthcare, Living Lab Ventures, GOTO, Everywhere.id, dan AMVESINDO, serta menghubungkan startup Indonesia early stage hingga late stage dengan investor global melalui sesi business matchmaking.

“Mengenai lanskap startup teknologi di Indonesia beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menarik. Indonesia memiliki ratusan startup dari berbagai macam sektor dari: e-commerce, fintech, edtech, healthtech, dan agritech. Selain itu, ada juga startup yang bergerak di bidang transportasi, perjalanan, kesehatan, logistik, Software as a Service (SaaS), dan lain-lain," imbuhnya.

Adhiarna tidak menampik bilamana Kominfo RI akan terus memberikan dukungan secara tidak langsung terhadap startup, supaya mampu berkembang dan memperoleh akses pendanaan yang mana melalui HUB.ID Summit X Nexticorn 2023

"Lebih dari 1.500 business meeting terjadwal selama 2 hari pelaksanaan kegiatan ini. Hal ini menunjukkan tren positif potensi investasi bagi startup digital di Indonesia," tuturnya.

Sementara itu, Rudiantara selaku Chairman Nexticorn Foundation menerangkan Nexticorn berkomitmen mendorong inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan di sektor teknologi dan investasi di Indonesia dan Asia Tenggara.

Lebih lanjut, HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 berperan bukan hanya sebagai konferensi, namun menjadi jembatan strategis dalam membina dan mendorong kemajuan startup teknologi Indonesia, melalui fasilitasi networking startup teknologi dan calon investor yang harus tetap berjalan agar sektor ini dapat tumbuh dengan optimal.

"Melalui forum diskusi yang diadakan, Summit ini bertujuan untuk menghadirkan solusi untuk isu yang sedang dihadapi oleh sektor startups dan sektor modal ventura di Indonesia," kata Rudiantara.

Acara networking seperti HUB.ID Summit x Nexticorn 2023 tersebut sangat penting untuk dapat memajukan lanskap teknologi Asia Tenggara yang kini berkembang pesat.

"Salah satunya mengingat momentum yang dihasilkan oleh peluncuran perundingan Digital Economic Framework Agreement (DEFA) pada pertemuan Dewan Komunitas Ekonomi ASEAN baru-baru ini," ucapnya.

HUB.ID Summit x Nexticorn 2023, kata Rudiantara supaya dapat mengakselerasi dukungan investasi bagi startup Indonesia dengan cara memberikan akses langsung ke investor global yang sesuai dengan profil dan kebutuhan startup Indonesia, baik yang berada di tahap awal maupun pertumbuhan.

"Hal penting lainnya, Summit ini juga bertujuan memberikan informasi terkini tentang perkembangan dan peluang di ekosistem startup Indonesia, serta menginspirasi para pelaku industri untuk beradaptasi dan berinovasi di era digital," tegasnya.

Selain itu, terdapat pembicara dan panelis lainnya di dalam konferensi ini, antara lain: Christopher Madiam CEO & Co-founder of Sociolla; Hero Choudhary Managing Partner of Beenext; Yoshua Tanu Jago Coffee Founder; Ardhanti Nurwidya Head of Public Policy and Government Relations, GOTO; Eddy Danusaputro Chairman of AMVESINDO; Ankur Vohra Vice President, L Catterton Asia; Edy Sulistyo CEO Everywhere.id; Kevin Sugiarto Senior Vice President of Product Privy; Doddi Priyambodo Generative AI Ambassador and Solutions Consultant at Google. 012


TAGS :