Politik

Gibran Rakabuming Raka Mulai Paham Persoalan Nusa Penida 

 Jumat, 26 Januari 2024 | Dibaca: 696 Pengunjung

www.mediabali.id, Klungkung. 


Gibran Rakabuming Raka kini mulai paham persoalan inti di daerah kepulauan Nusa Penida, Klungkung. Dia mendengar langsung dari para tokoh pemuda dan masyarakat Nusa Penida, soal kondisi riil Nusa Penida. Dia tidak menyangka Nusa Penida yang sudah dikenal luas sebagai destinasi wisata di Bali, masih mengalami sejumlah masalah mendasar. 

Keluhan itu didengarkan langsung oleh Gibran Rakabuming Raka dari para tokoh muda Nusa Penida yang hadir dalam acara tatap muka dengan pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, Jumat 26 Januari 2024. Ada banyak persoalan yang didengar langsung Cawapres dari Prabowo Subianto ini. Pasokan air bersih belum merata di seluruh wilayah Nusa Penida, infrastruktur jaringan internet tidak memadai, keberadaan pelabuhan membutuhkan perhatian lebih, ketersediaan listrik masih hanya menjadi isu, hingga perbaikan pengelolaan sampah. Belum lagi masalah hancurnya infrastruktur jalan dan minimnya penataan destinasi.

Hal-hal itu dianggap sangat menghambat pengembangan pariwisata Nusa Penida, agar bisa bergerak lebih maju dari sekarang. Dalam pengembangan ekonomi kreatif sebagai salah satu penunjang pariwisata Nusa Penida, seluruh persoalan itu tentu harus dapat diatasi secara paripurna. Sehingga kemajuan Nusa Penida yang dicita-citakan dari awal oleh masyarakat Nusa Penida, sepenuhnya dapat terwujud. 

Menurut Anggota DPRD Klungkung Ketut Gunaksa, Gibran Rakabuming Rak sangat antusias mendengarkan aspirasi langsung dari masyarakat dan bertindak secara klinis untuk menyelesaikan persoalan itu. Dia yakin, Gibran Rakabuming Raka akan merespons secepatnya isu-isu dasar yang sedang dialami warga Nusa Penida saat ini. Gibran nampak sangat cepat melakukan adaptasi dengan warga Bali, sehingga dia begitu menarik bagi warga Bali, untuk dititipkan suatu persoalan agar dapat ditangani selanjutnya, apabila nantinya dia terpilih bersama Prabowo Subianto, sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029. 

"Gibran itu orangnya simpel dan sensitif dengan persoalan-persoalan mendasar dari masyarakat, sebagaimana yang disampaikan oleh saudara-saudara kita dari Nusa Penida langsung di depannya. Saya yakin, jika terpilih salah satu dari persoalan itu akan dapat ditangani dengan cepat. Dia anak muda yang penuh solusi dan bergerak cepat menyelesaikan masalah di lapangan," kata Gunaksa politisi Partai Gerindra ini, Sabtu 27 Januari 2024. 

Gunaksa juga memberi apresiasi kepada anak-anak muda Nusa Penida, yang sudah memanfaatkan kesempatan baik itu, untuk menyampaikan langsung kepada Gibran Rakabuming Raka. Sehingga bisa menjadi dasar bagi Prabowo-Gibran dalam rangka melakukan langkah-langkah strategis dalam kebijakannya nanti, untuk mampu mengatasi persoalan itu dan mewujudkan seluruh harapan dan cita-cita warga Nusa Penida untuk terus bergerak maju, mengejar ketertinggalan wilayah dengan belahan Bali yang lain.


TAGS :