Pendidikan

Tanpa Unsur KKN, Polda Bali Buka Gebyar Rekrutmen Polri T.A 2023

 Minggu, 26 Maret 2023 | Dibaca: 373 Pengunjung

Suasana Gebyar Rekrutmen Polri T.A. 2023 dilakukan di lapangan Niti Mandala, Renon Denpasar, Minggu (26/3/2023).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Gebyar Rekrutmen Polri T.A. 2023 disosialisaikan ke masyarakat dalam menjaring calon anggota Polri baru, dilakukan Polda Bali di lapangan Niti Mandala, Renon, Denpasar.

Masyarakat yang kebetulan berada di areal lapangan Niti Mandala, Renon, supaya memperoleh pemahaman dan sosialisasi yang benar mengenai penerimaan anggota Polri, khususnya mengedepankan prinsip-prinsip bersih, transparan, akuntabel, dan humanis.

Kapolda Bali Irjen. Pol. Drs. Putu Jayan Danu Putra, SH., M.Si., mengatakan terkait penerimaan personel Polri secara kuantitas diprioritaskan personel Bintara Polri, yang akan menjadi garda terdepan Polri dalam pelayanan terhadap masyarakat. 

Lebih lanjut, jumlah terbatas penerimaan lainnya terhadap Perwira Akademi Kepolisian (Akpol) maupun Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS).

"Maka di Tahun 2023 kali ini Polri kembali melaksanakan rekrutmen sebagai proses peremajaan anggota di tubuh Polri. Selain itu, rekrutmen ini juga merupakan persiapan pengamanan pesta demokrasi yang dilaksanakan Tahun 2024,” ujar Kapolda Putu Jayan, di dampingi Wakapolda Bali Brigjen Pol. Drs. I Ketut Suardana M.Si., Forkopimda Provinsi Bali, seluruh Pejabat Utama Polda Bali, Kapolres/Ta jajaran dan Pelajar, Minggu (26/3/2023).

Proses perekrutan yang akan dilakukan dalam upaya regenerasi dan peremajaan, khususnya mengganti personel Polri yang akan memasuki masa pensiun.

“Setiap tahunnya terdapat 600 orang personel Polda Bali yang pensiun. Maka rekrutmen ini diharapkan dapat mengisi kekosongan atau peremajaan bagi institusi Polri, khususnya di Polda Bali,” imbuh Jenderal bintang dua ini.

Kapolda Putu Jayan menegaskan apabila dalam proses rekrutmen akan dilakukan prinsip betah serta bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Diharapkan tumbuh generasi muda Polri baru yang semakin berkualitas dan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai berbangsa dan bernegara.

"Jadi semua kalangan dapat mengikuti, tidak ada unsur KKN di dalamnya. Bagi adik-adik yang ingin mengikuti proses rekrutmen ini agar mempersiapkan jauh-jauh hari, baik fisik maupun akademi, pelajari referensi-referensi test pada tahun-tahun sebelumnya,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Bali Kombes. Pol. Satake Bayu, S.I.K., M.Si., mengatakan ia mengajak seluruh peserta yang hendak mengikuti rekrutmen Polri, supaya mempersiapkan diri lewat tahapan test rekrutmen.

“Jadi supaya periksakan diri masing-masing untuk mengetahui kondisi kesehatan sebelum melaksanakan rekrutmen atau melaksanakan terapi-terapi agar dapat mengikuti proses seleksi. Rekrutmen Polri dibiayai oleh negara, untuk prosesnya sendiri para peserta tidak dipungut biaya,” ucapnya.

Di dalam Gebyar Rekrutmen Polri T.A. 2023, turut dimeriahkan parade seragam dari kepolisian, personel berprestasi pada ajang olahraga dan penampilan dari Marching Band Prasetya Haprabu Polda Bali. 012


TAGS :