Hiburan

Potong Tumpeng HUT SID ke-27, Buat Rekaman di Dalam Penjara  

 Kamis, 18 Agustus 2022 | Dibaca: 800 Pengunjung

Para personil Superman Is Dead (SID) melakukan jumpa pers untuk mengenang 27 Tahun berkarya di belantika musik tanah air, Kamis (18/8/2022).

www.mediabali.id, Denpasar. 

Superman Is Dead (SID) band memastikan langkah bermusik di sektor indie, sekaligus menata manajemen untuk lebih 'berenergi' bertepatan menginjak usia ke-27 Tahun. 

Tiga personil SID, Bobby Kool (Vokalis), Eka Rock (Bassist), dan Jerinx alias JRX (Drummer), merayakan HUT ke-27 dengan mem-flashback kenangan mendirikan band, termasuk tanya jawab bersama wartawan dan diikuti potong tumpeng.

SID seperti lahir kembali di usia ke-27 Tahun, dimana ketiga personilnya semakin konsisten menyatukan gagasan pemikiran, demi menjaga karya-karya lagu dalam bermusik di SID dan dapat terus bersinar kedepannya.

SID sendiri telah mempersiapkan karya-karya dan video baru, salah satunya membuat rekaman di dalam penjara. Hal ini menjadi menarik karena karya-karya musik dan video SID sudah sangat dinanti Outsider selaku penggemar mereka di tanah air.

“Saat JRX di dalam (penjara-red), JRX terbesit untuk membuat rekaman di penjara, untuk rekaman di dalam penjara itu belum ada (di dunia). Hal itu kami lakukan pertama, tinggal mixing saja, dan sudah selesai semua,” ujar Bobby, Kamis (18/8/2022) di The Cakra Hotel, Denpasar.

Selain itu, JRX dalam momentum HUT ke-27 SID sejak berdiri 18 Agustus 1995 menekankan tidak mudah menyatukan pemikiran tiga personil band, bahkan dalam menentukan suatu karya harus bersama-sama.

“Semoga ini selamanya bertiga. Meski jawabannya agak naif sedikit ‘jangan sampai bubar’, tapi susah loh mempertahankan band itu. Makanya untuk mencapai rekor jangan sampai bubar itu kan perlu kompromi dan yakin setiap individu. Intinya juga ego itu harus disingkirkan, ego kita bertiga harus kita singkirkan, saling mengalah dan mengerti satu sama lain,” terangnya.

Salah satu penyebab SID dapat bertahan, karena personil SID sebelumnya sempat jarang bertemu. Hal tersebut karena banyak kesibukan antar personil.

“Dari 2006 ke atas kami sudah punya kesibukan masing-masing, ada keluarga, dan sebagainya. Namun, hal itu justru bagus untuk menjaga kekompakan band, karena jika kita terlalu sering bertemu orang yang sama, seperti terjebak dengan orang yang sama setiap hari, pasti ada perpecahan, konflik. Seperti (pengalaman lalu) saat kami masih muda, party setiap hari, Bobby dan Eka menginap di rumah, tapi setelah dewasa kami jalan sendiri-sendiri dan itu bagus. 

Ditegaskan JRX menginjak usia ke-27 merasa memiliki motivasi ekstra, dimana sejak pandemi ini SID banyak memahami psikologi manusia, sifat teman-teman, dan lainnya. Bagi JRX, menilai dari segala pemikiran bersama rekan-rekannya, apabila digabung bersama karya Bobby dan Eka, diperkirakan sudah ada 50 karya lagu dan liriknya masih dalam proses perbaikan.

“Dan usia ke-27 ini kami seperti lahir kembali, dimana kami punya karya-karya yang sudah mengantri, dan kami punya motivasi ekstra,” katanya. 

Eka Rock selaku Bassist SID menegaskan selama tumbuh dan jatuh bangun bersama Bobby dan JRX, sudah memahami satu sama lain selayaknya keluarga atau saudara.

“Kami sangat berbeda hari ini, dimana dengan manajemen baru, sekarang kita mulai urusin sendiri. Di moment HUT ke-27 ini, kedepannya SID menjadi lebih kuat. Kami bertiga merasa seperti saudara, kita kan punya saudara, tentu tidak semua saudara kita itu bagus. Tapi, kita tidak boleh menjauh dan sebaliknya harus lebih mendekatkan. Sekarang JRX sebelum memposting sesuatu akan konsultasi terhadap teman yang tahu hukum dan lebih bijaksana,” tandasnya. 012


TAGS :