Peristiwa

HUT ke-77 Kemerdekaan RI, Lapas Kelas IIA Kerobokan Gelar Perlombaan dan Remisi 424 WBP

 Rabu, 17 Agustus 2022 | Dibaca: 345 Pengunjung

Sebanyak 424 WBP di Lapas Kelas IIA Kerobokan, Badung, resmi memperoleh remisi dalam momentum Hari Kemerdekaan RI ke-77, Kamis (17/8/2022).

www.mediabali.id, Badung. 

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kerobokan, Badung, mengikuti upacara bendera memperingati HUT RI ke-77 Tahun 2022 dengan situasi di bawah guyuran hujan.

Kalapas Kelas IIA Kerobokan Fikri Jaya Soebing, A.Md.I.P., SH., MH., mengatakan usai upacara bendera lalu digelar lomba-lomba dalam mempererat silaturahmi, sekaligus memberikan udara bebas alias remisi dalam momentum HUT ke-77 dan diharapkan para WBP mampu mengimplementasikan tema 'Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat'.

“Kami mengusulkan 424 WBP untuk mendapatkan Remisi Khusus (RK) I dan RK II, dimana untuk RK II yang langsung bebas ada 16 orang dan sisanya RK I menyusul,” ujar Kalapas Fikri Soebing, Kamis (17/8/2022).

Selanjutnya, dihari yang sama dalam momentum HUT ke-74 RI, pada Pukul 12.30 Wita akan dilanjutkan dengan upacara pemberian remisi terhadap WBP oleh unsur Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida).

“Kami adakan pula acara pemberian remisi, dimana dihadiri Muspida Provinsi, Badung, dan Kota Denpasar,” katanya.

Lebih lanjut, pemberian remisi sendiri tidak seluruhnya diberikan ke setiap WBP, sebab ada ketentuan dan syarat-syarat lain dari WBP yang wajib mereka penuhi sebelum dikeluarkan remisi.

“Masih ada beberapa yang menjalani masa pembinaan, dimana juga masih ada yang melengkapi perlengkapan remisi. Rata-rata WBP adalah kasus narkotika,” ucapnya.

Untuk diketahui, pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM memberikan remisi kepada 168.916 orang pidana di seluruh Indonesia, yang terdiri dari 166.191 orang pidana mendapatkan remisi umum I dan 2.725 orang pidana mendapatkan remisi umum II atau bebas.

Diberikannya remisi tersebut sebagai bentuk penghargaan kepada WBP, yang telah mengikuti program pembinaan dengan baik, serta telah memenuhi persyaratan sesuai Peraturan Perundang-undangan.

Sedangkan, di dalam halaman (Lapas) Kelas IIA Kerobokan, ribuan peserta tampak antusias mengikuti lomba-lomba di Hari Kemerdekaan RI ke-77.

Sejumlah lomba yang digelar antara lain: tenis meja, lari karung, memindahkan lindung, makan kerupuk, bakiak, lari kelereng, lomba pecah balon, dan lain-lainnya. 012


TAGS :